Artikel Ilmiah Populer 8.

Mata Pelajaran.        :Bahasa Indonesia
Kelas.                         : 8A, 8B, 8C,8D
Fase.                          : D
Elemen.                     : Mendengar
Pertemuan.               : ke Sembilan
Materi.                       :  Artikel Ilmiah Populer.                                                                                                                                                                             
Guru Pengampu.        :Lilik Isminings
Waktu Pembelajaran : 5X40.


CP (Capaian Pembelajaran)
Pada akhir fase peserta didik memberi kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterprestasi informasi paparan tentang topik yang beragam dari karya sastra. Peserta didik mau berpartisipasi aktif dalam diskus, mempresentasikan, dan menghadapi informasi nonfiksi dan fiksi yang dipaparkan. Peserta didik mampu menulis berbagai tek untuk menyakitkan pendaftaran dan pengallaman.

TP (Tujuan Pembelajaran)
Peserta didik menjelaskan pengertian artikel ilmiah populer, membedakan artikel ilmiah dengan artikel ilmiah populer.

Bismillahirrohmanirrohim...Alhmdulillah 
Mudah2an pembelajaran hari kemarin dan hari ini anaku diberi keberkahan, kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang materi yang lain.

Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.


Materi Pelajaran

Istilah populer dalam karya ilmiah mengartikan bahwa tulisan tersebut mengacu pada kompetensi massa sebagai sasarannya. Karya ilmiah populer ditulis dengan bahasa yang populer sehingga pembaca familiar dengan bahasa tersebut.

Dengan demikian, pengertian tulisan ilmiah populer adalah karya tulis ilmiah yang berpedoman pada standar ilmiah, tetapi ditulis dengan bahasa yang umum atau populer. Tujuannya untuk memudahkan pemahaman pembaca atas konteks ilmiah yang ditulis dan biasa diterbitkan di media massa.

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah Populer

  1. Artikel berupa informasi yang bersifat ilmiah tetapi sajian bahasannya dikemas secara populer
  2. Tulisannya ditujukan bagi pembaca awam
  3. Umumnya berisi temuan-temuan ilmiah atau perkembangan iptek terbaru
  4. Diterbitkan dalam rubrik khusus di majalah, surat kabar, atau portal berita lainnya
  5. Tulisan ekspositori yang murni bersifat informatif
  6. Menggunakan aturan penulisan karya ilmiah yang telah disesuaikan dengan gaya penulisan media penerbitnya
  7. Tidak mencantumkan rujukan atau daftar pustaka secara eksplisit
  8. Bahasanya populer dan mudah dipahami
  9. Artikel tidak hanya ditunjukkan dalam penulisan karya ilmiah, bisa berasal dari laporan survei dan lain sebagainya.

Perbedaan Artikel Ilmiah Populer dengan Ilmiah Murni

Perbedaan utama antara artikel ilmiah populer dengan artikel ilmiah murni, seperti tesis, disertasi, skripsi, dan lainnya, terletak pada penggunaan bahasa penyampaian.

Sedangkan karya tulis ilmiah populer ditampilkan dengan bahasa yang lebih populer, lebih luwes, serta pemilihan kata yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat umum.         

Dari segi topik bahasan, artikel ilmiah populer cenderung membahas permasalahan yang berkaitan dengan masyarakat sekitar. Sementara artikel ilmiah murni berkutat pada topik-topik ilmiah dalam bidang tertentu secara mendalam.

Dari sisi sarana publikasi, artikel ilmiah murni biasanya diterbitkan melalui jurnal ilmiah atau perpustakaan. Adapun sarana publikasi artikel ilmiah populer diterbitkan di media massa seperti majalah, koran, atau tabloid.

Contoh Artikel Ilmiah Populer

Judul: Mengenal Gaya Belajar: Kunci untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Pendahuluan:

Gaya belajar merupakan cara seseorang memproses informasi dan belajar paling efektif. Setiap individu memiliki gaya belajar yang unik, yang dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan. Dengan memahami gaya belajar, kita dapat mengoptimalkan proses belajar.

Isi:

Gaya belajar adalah preferensi individu dalam cara menerima, memproses, dan mengingat informasi. Ini bukan tentang kecerdasan, melainkan tentang cara otak kita bekerja secara alami. Secara umum, gaya belajar dapat dikategorikan menjadi tiga tipe utama.

1. Visual (Visual-Spatial)

Pembelajar visual lebih mudah memahami informasi melalui gambar, diagram, grafik, dan peta pikiran. Mereka sering kali mengingat informasi dengan baik jika disajikan dalam bentuk visual.

2. Auditori (Auditory-Musical)

Pembelajar auditori lebih suka belajar melalui mendengarkan. Mereka sering kali mengingat informasi dengan baik jika dijelaskan secara lisan atau melalui musik.

3. Kinestetik (Physical)

Pembelajar kinestetik lebih suka belajar melalui pengalaman langsung dan gerakan fisik. Mereka sering kali lebih mudah memahami konsep jika dijelaskan melalui demonstrasi atau eksperimen.

Tugas Penilaian

 1. Siswa membawa media cetak koran/           tabloit/ majalah.                                           2. Membuat kliping.

Kesimpulan.                                                      Pembelajaran pada hari tentang artikel ilmiah populer dan dapat membedakan mana artikel ilmiah populer dan artikel ilmiah murni.

Referensi materi : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2021.

Penerbit dan Percetakan 
MEDIATAMA.
Penulis: Yayuk Lestari
               Aqillah Elza Dinasti.





Kegiatan P5

Berikut adalah saran outline untuk PPT P5 Kelas 8 dengan topik *"Keragaman Nusantara"*:

 JUDUL
KERAGAMAN NUSANTARA
Subjudul P5 Kelas 8 - Kurikulum Merdeka
Gambar Latar Peta Indonesia atau simbol-simbol budaya nusantara

Pendahuluan
Gambaran Topik Pengenalan tentang keragaman budaya, bahasa, suku, dan tradisi yang ada di seluruh Indonesia.
Tujuan Memahami pentingnya menghargai dan melestarikan keberagaman.

Keberagaman Suku di Indonesia
Jelaskan beberapa suku utama seperti Jawa, Sunda, Batak, Dayak, Minangkabau, dll.
Gambar Tampilkan foto pakaian adat atau kegiatan budaya dari setiap suku.

Keberagaman Bahasa
Bahasa di Indonesia Jelaskan keberagaman bahasa daerah dan peran Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
Makna Bhinneka Tunggal Ika Penjelasan singkat tentang semboyan ini sebagai lambang persatuan.

Seni dan Kerajinan Tradisional
Contoh: Batik, tenun, songket, wayang, dll.
Makna dan Pentingnya: Jelaskan peran seni tradisional dalam menjaga identitas budaya.

Keberagaman Alam
Geografi dan Lingkungan: Menjelaskan kekayaan alam Indonesia—gunung, pantai, hutan tropis.
Flora dan Fauna: Contoh keanekaragaman hayati yang unik di berbagai daerah.
Harmoni dalam Keberagaman

Konsep Persatuan: Bagaimana keberagaman budaya memperkuat persatuan bangsa.
Peran Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika: Penjelasan singkat tentang pentingnya kedua konsep ini dalam menjaga kerukunan.

Kesimpulan dan Refleksi
Pertanyaan Refleksi:
Bagaimana kita bisa berkontribusi untuk melestarikan budaya kita?
Mengapa memahami keberagaman penting dalam hidup bersama?

 Kegiatan
Diskusi kelompok, presentasi tentang budaya daerah, atau membuat proyek mini tentang keragaman budaya di Nusantara.

Semoga bermanfaat untuk mempersiapkan materi!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024

Post Test 7