TEKS OBSERVASI 8


Mata Pelajaran.              : Bahasa Indonesia
Kelas.                               : 8D
Fase.                                : D
Elemen.                            : Menyimak
Pertemuan.                      : ke empat
Materi.                              : Teks Hasil                                                        Observasi.                                                                                                                                       
Guru Pengampu.            : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran.    :  6 jp/perminggu

CP (Capaian Pembelajaran)
- Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan/ pesan, yang tepat dari berbagai tipe, teks audio juvisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
- Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.

TP (Tujuan Pembelajaran).
8.1.4. Menelaah struktur dan aspek                         kebahasaan dalam teks laporan                   hasil observasi

Bismillahirrohmanirrohim...Assalamualaikumwaruhmutullahiwabarokatuh. Bagaimana kabarnya anak2ku...., apakah sudah pada shalat Shubuh..., apakah tadi malam  belajar/ tidak...apakah manfaatnya belajar. Anakku jangan bosan2nya  dengan belajar, karena merupakan proses untuk menjadi orang yg sukses..baiklah Alhmdulillah...Alhamdulillah
Mudah2an pembelajaran hari ini dan hari kemarin anak- anakku diberi keberkahan, keimanan, ketakwaan, kesehatan, dan juga diberi  kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya untuk mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang kaitannya dengan materi pada pembelajaran  hari ini dan hari yang kemarin.

Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.


Materi Pembelajaran.
Mengingatkan kembali materi beberapa hari yang lalu.

Sepeda Motor di Indonesia
Saat ini sebagian besar jalan-jalan di Indonesia ramai oleh sepeda motor. Banyak orang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi, baik alat transportasi pribadi maupun transportasi umum. 
1. Pertanyaan mana yang disebut ide pokok pada kalimat diatas!
2. Pertanyaan selanjutnya mana uang disebut gagasan utama pada kalimat diatas!


Menelaah Struktur dan Kebahasaan dalam teks Laporan Hasil Observasi.

Teks laporan hasil observasi memiliki struktur sebagai berikut.
1. Klasifikasi Umum, adalah merupakan          tentang objek yang akan di                            dideskripsikan.
2. Deskripsi bagian/penjabaran, adalah          menjelaskan bagian-bagian, sifat-sifat,        atau kebiasaan dari objek tersebut.

Gambar
Struktur Teks Laporan hasil observasi dibagi tiga bagian.
1. Deskripsi/Klasifikasi Umum

Contoh Teks Teks Hasil Observasi.
Definisi Umum

Bagian ini berisi tentang informasi atau pengertian tentang hasil pengamatan yang telah dilakukan. Pada bagian ini, dapat diartikan juga sebagai pembuka karangan secara umum karena menjelaskan penggolongan atau klasifikasi objek observasi.

Objek tersebut akan diklasifikasikan berdasarkan atas persamaan dan/atau perbedaannya. Kemudian kriteria tersebut digunakan untuk membedakan kelas, sub-kelas, dan rincian yang lebih mendetail.

2. Deskripsi Bagian/penjabaran.

Pada bagian ini berisi paragraf penjelasan mengenai informasi yang akan disampaikan berdasarkan hasil pengamatan. Paragraf ini akan menguraikan perincian atau penggolongan secara runtut.

3. Simpulan/manfaat.

Bagian ini berisi ringkasan/rangkuman umum mengenai hal yang dilaporkan. 

Ciri-ciri 

  1. Semua ditulis secara lengkap, tersusun.
  2. Penulisan bersifat objektif, global,
  3. Objek yang akan diteliti atau diamati umumnya merupakan objek tunggal.
  4. Hasil laporan ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian yang telah dilakukan.
  5. Informasi yang tertulis dalam teks LHO telah terbukti kebenarannya.
  6. Informasi tidak mengandung dugaan atau pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
  7. Informasi memiliki kaitannya dengan hubungan antarkelas atau subkelas dalam objek observasi.
  8. Penulis hanya melaporkan dan menuliskan sesuai dengan apa yang dilihat dan diamati berdasarkan hasil analisis observasi.

Kaidah Kebahasaan Teks LHO

  1. Menggunakan kata benda atau peristiwa sebagai objek utama.
  2. Menggunakan kata-kata istilah dalam bidang tertentu. Contoh bunga Rafflesia (bunga bangkai).
  3. Menggunakan kalimat deskripsi.
  4. Menggunakan verba relasional. seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain (digunakan untuk menyatakan definisi pada istilah teknis atau istilah yang digunakan secara khusus pada bidang tertentu)
  5. Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan prilaku.                        Aku menyayangi dia.                       Kakak memasak makanan.  Adik menyiram tanaman.  Dia memukul kucingnya.  Budi bermain bola.
  6. Mengandung kalimat definisi dan kalimat deskripsi.                            Ciri-ciri Definisi ditandai dengan kata penghubung, (adalah, ialah, bahwa, yakni).                                       Deskripsi menerangkan kalimat sifat atau ciri-ciri khusus suatu benda.
  7. Mengandung kata sifat.(baik, pemarah, perhatian, dan seterusnya)
  8. Menggunakan kata konjungsi atau penghubung.(dan, yang, perihal, namun, jika, dst)
  9. Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama, diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan dalam beberapa paragraf.

Contoh Teks 

Penumpang Bus Kota"

1. Pernyataan Umum:

Bus kota adalah alat transportasi umum atau transportasi publik yang digunakan antara satu tempat ke tempat lain dalam suatu area perkotaan. Keberadaan bus kota membantu transportasi masyarakat perkotaan.

Masyarakat perkotaan yang menggunakan jasa layanan transportasi bus kota ini disebut dengan penumpang bus kota. Mereka menggunakan bus kota untuk menuju tempat-tempat tertentu, seperti tempat kerja, sekolah, kantor, dan tempat tujuan lainnya.

2. Deskripsi Bagian:

Bus kota beroperasi setiap hari di dalam kota dengan jadwal operasional sekitar pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Pada pukul 07.00 WIB, bus kota nomor 17 melaju di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman.

Aktivitas penumpang di dalam bus kota cukup beragam. Sebagian penumpang sedang melihat-lihat layar ponsel mereka. Seorang laki-laki berumur sekitar 50 tahun dan mengenakan kemeja biru sedang berbicara melalui ponsel. Beberapa orang penumpang lain berdiri sambil berpegangan pada handle grip.

Kebanyakan penumpang bus kota merupakan anak sekolah dan pegawai kantor. Itu terlihat dari seragam mereka. Seorang peserta didik berseragam SMP berdiri tepat di belakang sopir. Posisinya menghadap ke arah penumpang bus kota yang lainnya. Seorang ibu hamil duduk satu meter darinya.

Tepat di depan peserta didik itu, seorang ibu lain duduk sembari memangku anak balitanya. Tidak jauh dari ibu itu, duduk seorang laki-laki penyandang disabilitas atau difabel dengan kruk yang disandarkan pada kursi.

3. Deskripsi Manfaat atau simpulkan.

Ibu hamil, ibu dengan anak balita, dan seorang laki-laki penyandang disabilitas adalah penumpang prioritas. Penumpang prioritas merupakan penumpang yang didahulukan untuk mendapatkan tempat duduk dalam transportasi umum, seperti bus kota, pesawat terbang, dan kereta api.


Kesimpulan

Pembelajaran hari ini menyimpulkan bahwa Deskripsi Umum dan Deskripsi bagian/penjabaran mempunyai perbedaan, diantaranya deskripsi umum menjelaskan ruang lingkup objek/benda yang kita lihat.

Deskripsi bagian menjelaskan bagian dari sifat dan ciri-ciri objek atau benda.

Penugasan                                                      Siswa mengerjakan latihan hal.15 Pada buku pegangan siswa berkenaan bunga Rafflesia untuk menentukan 

1. Deskripsi Umum, 

2. Deskripsi Bagian/penjabaran.          


Judul buku pegangan siswa.
1. Kurikulum Merdeka Karangan Yudhistira, Cakap Berhasa Indonesia oleh E.B. Devittia Ekawati Indah Suka Setiarini.

2. Buku Kementrian Pendidikan  Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2021. Bahasa Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024

Post Test 7