Mata Pelajaran. : Bahasa Indonesia
Kelas. : 9A,B,C,D.
Fase. : D
Elemen. : Menulis
Pertemuan. : ke lima
Materi. : Teks Deskripsi
Guru Pengampu. : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran. : 6 jp/perminggu
CP (Capaian Pembelajaran)
- Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
- Peserta didik mampu mengekplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dan topik aktual yang didengar
TP (Tujuan Pembelajaran).
Bismillahirrohmanirrohim...Assalamualaikumwaruhmutullahiwabarokatuh. Bagaimana kabarnya anak2ku...., apakah sudah pada shalat Shubuh..., apakah tadi malam belajar/ tidak...apakah manfaatnya belajar. Anakku jangan bosan2nya dengan belajar, karena merupakan proses untuk menjadi orang yg sukses..baiklah
Teks Deskripsi
Pengalaman Naik Kereta.
Saat itu di pertengahan Oktober, aku melakukan perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta ke Malang. Aku pergi bersama dengan seorang teman. Kami memulai perjalanan menggunakan kereta dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Perjalanan yang kami tempuh memakan waktu sekitar 17 jam.
Di dalam kereta, suasana sangat ramai, namun tetap tertib. Bangku yang kami pilih dapat memuat empat orang yang saling berhadapan. Bangku ini terbuat dari besi yang dilapisi sedikit busa. Kami duduk saling berhadapan dengan penumpang lain. Meskipun tidak saling mengenal, namun seiring berjalannya waktu, kami saling sapa dan mengobrol selama perjalanan.
Suasana di kereta sangat tenang. Apalagi saat hujan di luar turun dan membekaskan embun pada kaca. Ditambah lantunan lagu Jawa yang sendu dan merayu mata, seakan memanjakan untuk tidur.
Ketika waktu beranjak gelap, suasana kereta tampak hening karena penumpang mulai terlelap. Pengalaman dalam perjalanan di kereta sangat menyenangkan dan aku ingin mengulanginya kembali.
Soal
1.Tentukan ide pokok paragraf sesuai dengan topik diatas!
2. Tentukan ide pendukung/penjelas paragraf diatas
3. Apa yang kamu ketahui deskripsi visual dan infografik
4. Tentukan gagasan utama.
5. Tentukan kalimat deduktif
6. Tentukan kalimat induktif
7. Tentukan kalimat campuran.
8. Tentukan kohesi dan koherensi.
9. Tentukan kalimat pada koherensi teks diatas
A. Kohesif
a. Ide pokok
b. Pengulangan kata
c. Kata ganti
d. Kata petunjuk
e. Kata konjungsi
f. Baya Bahasa
B. Konferensi
a. Pengulangan kata
b. Kata partikel ; Lah, Kah, Pun.
10. Tentukan Deskripsi umum dan Deskripsi bagian
11.
Setelah mengamati infografik bertemakan keluarga. Silahkan deskripsikan tentang infografik yang disampaikan melalui infografik.
SELAMAT MENGERJAKAN
SUKSES SELALU
Komentar
Posting Komentar