TEKS OBSERVASI 8.




Mata Pelajaran.                     : Bahasa                                                             Indonesia
Kelas.                                      : 8D
Fase.                                       : D
Elemen.                                  : Menyimak
Pertemuan.                           : tiga
Materi.                                   : Mengenal                                                         Struktur Teks                                                   Laporan Hasil                                                   Observasi
Guru Pengampu.                  : Lilik Isminings
Waktu Pembelajaran.          : 6 jam/                                                               minggu.
       
CP (capaian Pembelajaran) 
Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan yang tepat dadi berbagai tipe teks audiovisuel dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual uang didengar.


TP (Tujuan Pembelajaran).
8.1.3 Menganalisis Topik dan Gagasan Utama dalam teks Laporan hasil observasi.
8.1.4 Menelaah Struktur dan Aspek Kebahasaan dalam Teks Laporan hasil Observasi


Bismillahirrohmanirrohim...Assalamualaikumwaruhmutullahiwabarokatuh. Bagaimana kabarnya anak2ku...., apakah sudah pada shalat Shubuh..., apakah tadi malam  belajar/ tidak...apakah manfaatnya belajar. Anakku jangan bosan2nya  dengan belajar, karena merupakan proses untuk menjadi orang yg sukses..baiklah Alhmdulillah...Alhamdulillah
Mudah2an pembelajaran hari ini dan hari kemarin anak- anakku diberi keberkahan, keimanan, ketakwaan, kesehatan, dan juga diberi  kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya untuk mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang kaitannya dengan materi pada pembelajaran  hari ini dan hari yang kemarin.

Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.


Materi Pembelajaran.  
8.1.3. Menganalisis topik dan gagasan utama dalam teks laporan hasil observasi.

Topik

Topik adalah ide pokok pembicaraan dalam teks atau karangan yang menggambarkan keseluruhan isi karangan.

Topik bersifat umum.        

Gagasan Utama

Sedangkan gagasan utama adalah ide utama atau inti pembicaraan yang ada dalam sebuah paragraf. Gagasan utama juga disebut ide pokok.

Gagasan utama juga disebut dengan ide pokok/Deduktif/kalimat utama.

Kalau topik bersifat umum, gagasan utama bersifat khusus.

Contohnya, kalau topiknya adalah sepeda, maka gagasan utamanya seperti ini:

Sepeda adalah kendaraan yang umum dipakai anak-anak sekolah.

8.1.4. Menelaah Struktur dan aspek kebahasaan dan teks laporan hasil observasi 

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi.
Sepeda Motor di Indonesia
Saat ini sebagian besar jalan-jalan di Indonesia ramai oleh sepeda motor. Banyak orang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi, baik alat transportasi pribadi maupun transportasi umum.

Sepeda motor adalah alat transportasi roda dua yang digerakkan oleh mesin. Ada bermacam-macam tipe sepeda motor. Ada sepeda motor jenis sport yang berkecepatan tinggi, bersuara bising, dan biasa digunakan oleh pembalap. Ada sepeda motor skuter matik yang dapat hidup otomatis tanpa menggunakan operan gigi manual. Ada sepeda motor bebek manual tanpa kopling. Ada sepeda motor trail yang biasa digunakan di medan berat/off road. Terakhir, ada sepeda motor cruiser yang dikenal dengan motor gede (moge) yang berkecepatan tinggi.li

Sepeda motor banyak digunakan di Indonesia karena harganya cukup terjangkau. Dengan uang 15 juta rupiah, orang sudah bisa memiliki sepeda motor baru. Selain itu, sepeda motor juga dapat dibeli dengan cara cicilan melalui lembaga pembiayaan dan bank-bank. Kemudahan itu membuat jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia semakin meningkat.

Sepeda motor bermanfaat sebagai alat transportasi pribadi. Ia digunakan untuk pergi bekerja karena termasuk salah satu alat transportasi yang hemat. Dengan bahan bakar seharga Rp7.800,00 per liter, pengendara sepeda motor bisa menempuh jarak sejauh 47 kilometer. Selain itu, sepeda motor juga bermanfaat untuk memudahkan pengendara dalam mengakses rute-rute sulit, gang-gang sempit, dan jalan-jalan yang macet untuk mencapai tujuan. 

Sepeda motor hanya boleh dikendarai oleh warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika ada pengendara sepeda motor berusia di bawah 17 tahun, mereka akan dikenakan sanksi tilang. Setiap pengendara sepeda motor diwajibkan memakai helm, membawa SIM dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta harus mematuhi semua rambu-rambu lalu lintas.

Selain sebagai alat transportasi pribadi, sepeda motor juga digunakan sebagai alat transportasi publik, yaitu sebagai ojek, baik ojek konvensional maupun ojek online (ojol). Ojek konvensional biasanya disebut “ojek” dan merupakan alat transportasi yang menggunakan sepeda motor tanpa aplikasi, sedangkan ojol merupakan alat transportasi yang menggunakan sepeda motor dan aplikasi khusus dalam menerima pesanan. Saat ini sebagian besar ojek sudah beralih ke ojol. Mereka bergabung dengan mitra perusahaan pengelola aplikasi ojol. Keberadaan ojol cukup diminati karena tidak hanya melayani jasa transportasi antar jemput penumpang, tetapi juga melayani pesanan makanan, antar jemput barang, berbelanja, dan lainlain. Demikianlah laporan mengenai sepeda motor dan manfaatnya sebagai salah satu alat transportasi publik yang keberadaannya tidak bisa diabaikan di Indonesia.

Jadi paragraf ada gagasan utama/ide poko dan ide penjelas/ ide pendukung.
Paragraf pertama, gagasan utama di sebut ide pokok. 
Gagasan pendukung/ ide penjelas letaknya di kalimat berikutnya yang menjelaskan bagian- bagian secara rinci contoh menyebutkan cirinya, bentuknya, ukurannya, warnanya dst.

Kesimpulan
Pembelajaran hari ini menyimpulkan bahwa teks hasil observasi meliputi kegiatan mengidentifikasi topik,  dan gagasan utama.

Jadi Topik merupakan ide pokok pembicaraan dalam teks/karangan yang menggambarkan keseluruh karangan.
          (Bersifat umum)
Gagasan Utama merupakan ide utama atau inti pembicaraan yang ada dalam sebuah paragraf. (Bersifat khusus).


Penugasan
1. Tentukan ide pokok, gagasan utama dalam setiap paragraf dalam bacaan dengan tema " KEMUNING ". (hal 7;)


        SELAMAT MENGERJAKAN


Judul buku pegangan siswa.
1. Kurikulum Merdeka Karangan Yudhistira, Cakap Berhasa Indonesia oleh E.B. Devittia Ekawati Indah Suka Setiarini.

2. Buku Kementrian Pendidikan  Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2021. Bahasa Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024

Post Test 7