TEKS OBSERVASI 8
Mata Pelajaran. : Bahasa Indonesia
Kelas. : 8D
Fase. : D
Elemen. : Menyimak
Pertemuan. : ke satu
Materi. : Memahami isi teks laporan observasi
Guru Pengampu. : Lilik Isminings
Waktu Pembelajaran. : 5X40.
CP (Capaian Pembelajaran)
Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi beberapa gagasan, pikiran, perasaan, arahan, pesan, yang tepat dari berbagai teks audio visual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.
TP (Tujuan Pembelajaran dan indikator capaian pembelajaran).
- Peserta didik memahami observasi sebagai kata kunci dari sebuah teks laporan hasil observasi.
- Peserta didik bisa menjelaskan, bahwa informasi dalam sebuah teks laporan hasil observasi didapatkan melalui hasil pengamatan. Dengan demikian informasi tersebut benar2 dan nyata adanya.
- Peserta didik juga bisa menyebutkan kan informasi yang ditentukan dalam dalam sebuah teks laporan hasil obaervasi
Bismillahirrohmanirrohim...Assalamualaikumwaruhmutullahiwabarokatuh Alhmdulillah...Alhamdulillah
Mudah2an pembelajaran hari ini dan hari kemarin anak- anakku diberi keberkahan, keimanan, ketakwaan, kesehatan, dan juga diberi kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya untuk mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang kaitannya dengan materi pada pembelajaran hari ini dan hari yang kemarin.
Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Materi
Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi,
Teks laporan hasil observasi adalah tulisan yang berisi penjabaran umum atau melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi).
Kata Kunci dalam teks Laporan hasil observasi dibawah ini, contoh:
1. Penumpang prioritas
2. Difabel
3. Penyandang disabilitas
4. Handle grip
5. Balita
6. Krik
Ad.
1. Penumpang yang didahulukan untuk mendapatkan tempat duduk siapa saja...
2. Istilah kata lain Penyandang disabilitas
3. Orang yang memiliki keterbatasan fisik, intlektual, mental, dan/ sendiri.
4. Gantungan pegangan tangan dibus kota.
5. Merupakan anak dibawah dari 5 atas.
6. Tongkat alat bantu berjalan untuk rang dengan keterangan fisik.
Menemukan informasi dalam teks laporan hasil observasi.
Contoh.
1. Bus kota mengangkut beragam penumpang yaitu anak sekolah, pegawai kantor, dan masyarakat umum lainnya.
2. Seorang peserta didik berseragam SMP berdiri tepat dibelakang sopir
3. Ada seorang ibu yang memangku amak balita.
4. Seorang laki- laki penyandang disabilitas mendapat tempat duduk.
5. Penumpang prioritas tidak didahulukan untuk mendapat tempat duduk didalam transfortasi umum.
Kesimpulan
Pembelajaran hari ini kita dapat menyimpulkan bahwa teks laporan hasil observasi merupakan suatu kegiatan dimana kita dapat berkunjung disuatu objek/ tempat dengan melihat kenyataan bukan rekayasa dengan melaporkan sesuai bukti yang sebenarnya.
Penilaian.
1. Carilah kata kunci dalam bacaan dengan tema Tumbuhan Teratai. Sekurang- kurangnya 10 macam.
2. Carilah informasi dalam teks laporan hasil observasi Tumbuhan Teratai 5 macam kalimat. (Buku pedoman siswa).
Judul buku pegangan siswa.
1. Kurikulum Merdeka Karangan Yudhistira, Cakap Berhasa Indonesia oleh E.B. Devittia Ekawati Indah Suka Setiarini.
2. Buku Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2021. Bahasa Indonesia.
Komentar
Posting Komentar