Mata Pelajaran. : Bahasa Indonesia
Kelas. : 8D
Fase. : D
Elemen. : Menyimak
Pertemuan. : ke dua
Materi. : Teks Hasil Observasi.
Guru Pengampu. : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran. : 6 jp/perminggu
CP (Capaian Pembelajaran)
- Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan/ pesan, yang tepat dari berbagai tipe, teks audio visual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
- Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.
TP (Tujuan Pembelajaran).
1.1 Mengidentifikasi informasi melalui beragam contoh teks laporan observasi.
1.2. Menganalisis ciri umum yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi.
Bismillahirrohmanirrohim...Assalamualaikumwaruhmutullahiwabarokatuh. Bagaimana kabarnya anak2ku...., apakah sudah pada shalat Shubuh..., apakah tadi malam belajar/ tidak...apakah manfaatnya belajar. Anakku jangan bosan2nya dengan belajar, karena merupakan proses untuk menjadi orang yg sukses..baiklah Alhmdulillah...Alhamdulillah
Mudah2an pembelajaran hari ini dan hari kemarin anak- anakku diberi keberkahan, keimanan, ketakwaan, kesehatan, dan juga diberi kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya untuk mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang kaitannya dengan materi pada pembelajaran hari ini dan hari yang kemarin.
Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Matri Pembelajaran.
Teks Laporan Hasil Observasi, adalah: teks yang berisikan penjabaran umum/ laporan mengenai sesuatu yang didalam hasil pengamatan secara langsung.
Contoh Teks Observasi
Komodo merupakan hewan sejenis reptil besar yang berkaki empat dan wujudnya menyerupai kadal-kadal-an. Bedanya, ukuran hewan ini sangatlah besar. Komodo merupakan hewan langka yang sudah masuk kategori dilindungi. Komodo sudah dicanangkan menjadi satwa nasional bagi negeri ini.
Jika dilihat dari jauh dan dilihat sekilas, komodo tampak seperti biawak biasa. Tetapi, ketika perhatikan dengan saksama, binatang ini ukurannya jauh lebih besar dari biawak. Panjang tubuhnya bisa mencapai tinggi rata-rata orang indonesia, atau sekitar 165 cm. Panjang ekornya setara panjang badannya sehingga membuat panjang total hewan ini menjadi sekitar tiga meter lebih. Komodo memiliki badan yang panjang, lebih besar dari kepalanya.
Kepalanya agak memanjang, mirip dengan reptil pada umumnya. Matanya kecil dan berwarna. Mulutnya agak memanjang. Giginya banyak, menyelimuti rahang di sekujur rahangnya. Gigi Komodo cukup panjang dan sangat tajam. Lidahnya yang berwarna kuning sering menjulur keluar dan bercabang pada tepiannya.
Kulitnya bersisik dan tampak keras, namun memiliki pola yang Indah. Warna kulitnya cokelat kehitam-hitaman dengan sedikit bias kuning keemasan. Pada bagian leher terdapat lipatan-lipatan kulitnya yang bersisik. Lipatan tersebut ditemukan pula di bagian ketiak depan dan lipatan paha bagian belakang. Bagian punggung ekornya bersisik menyerupai gergaji dengan arah miring ke belakang.
Cakar komodo sangatlah tajam dan menukik. Bentuknya mirip cakar burung elang. Warnanya hitam legam dan biasa digunakan untuk bertarung melawan mangsanya.
Binatang ini boleh dibilang hewan yang menyeramkan, namun memiliki sisik yang indah dan bertubuh kekar dan gagah. Komodo merupakan satu di antara satwa nasional yang harus dipertahankan sebagai salah satu bukti nyata kekayaan negeri ini.
Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
Struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari judul, klasifikasi umum, deskripsi, dan penutup atau kesimpulan.
1. Judul
Judul merupakan bagian yang menunjukkan topik utama dari laporan hasil observasi. Judul harus singkat, jelas, dan mencerminkan isi laporan.
Contoh judul yang baik:
“Laporan Hasil Observasi Tumbuhan Lumut di Lingkungan Sekolah”
“Karakteristik dan Habitat Kupu-Kupu di Taman Kota”
2. Klasifikasi Umum
Bagian ini menyajikan gambaran umum atau pengenalan awal tentang objek yang diamati. Biasanya mencakup definisi objek, jenis atau klasifikasi objek, serta karakteristik umum yang ada pada objek tersebut.
Contoh:
“Lumut merupakan tumbuhan non-vaskular yang hidup di tempat lembap. Tumbuhan ini termasuk dalam kelompok Bryophyta dan tidak memiliki akar sejati.”
3. Deskripsi
Deskripsi berisi uraian rinci mengenai ciri-ciri, perilaku, kondisi fisik, habitat, manfaat, dan hal-hal spesifik lain dari objek yang diamati. Bagian ini bisa terdiri dari beberapa paragraf, tergantung kompleksitas objeknya.
Contoh:
“Lumut memiliki struktur kecil dan berwarna hijau. Daunnya tipis dan tersusun spiral. Lumut sering tumbuh menempel di tembok atau batang pohon yang lembap. Selain menjaga kelembaban tanah, lumut juga berperan sebagai indikator kualitas udara.”
4. Penutup/Kesimpulan
Bagian ini berisi rangkuman atau simpulan dari hasil observasi yang telah dilakukan. Penutup dapat berupa ringkasan, implikasi dari hasil pengamatan, serta saran jika diperlukan.
Contoh:
“Dari hasil observasi, dapat disimpulkan bahwa lumut memiliki kemampuan beradaptasi tinggi di lingkungan lembap dan berperan penting dalam menjaga ekosistem. Oleh karena itu, menjaga habitatnya dapat membantu keseimbangan lingkungan.”
Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi
Salah satu ciri utama teks laporan hasil observasi adalah bersifat faktual, di mana informasi yang disajikan harus sesuai dengan hasil pengamatan. Berikut adalah ciri-ciri teks laporan hasil observasi.
- Bersifat objektif
- Objektif: Teks laporan hasil observasi harus disajikan sesuai dengan keadaan objek yang sebenarnya di lapangan, tanpa dipengaruhi pandangan atau pendapat pribadi
- Objek yang akan dibicarakan/dibahas ialah objek tunggal
- Ditulis secara lengkap dan sempurna
- Ditulis berdasarkan fakta sesuai dengan pengamatan yang dilakukan
- Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya
- Tidak mengandung prasangka/dugaan/pemihakan yang menyimpang atau tidak tepat.
Kesimpulan
Pembelajaran hari ini kita dapat menyimpulkan Teks laporan hasil observasi secara langsung untuk mengetahui informasi yang ada.
1. Struktur terdiri judul, klasifikasi umum, deskripsi, penutup.
2. Menyebutkan ciri teks laporan hasil observasi terdiri bersifat objektif, nyata/fakta tidak rekayasa, dll.
Penugasan.
Kerjakan latihan hal.8 pegangan buku siswa.
1. Indentifikasi/ciri informasi/ yang penting dan isi teks Teratai dan kemuning.masing- masing 10 macam.
Judul buku pegangan siswa.
1. Kurikulum Merdeka Karangan Yudhistira, Cakap Berhasa Indonesia oleh E.B. Devittia Ekawati Indah Suka Setiarini.
2. Buku Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2021. Bahasa Indonesia.
Komentar
Posting Komentar