TEKS DESKRIPSI 9



Mata Pelajaran.              : Bahasa Indonesia
Kelas.                               : 9A,B,C,D.
Fase.                                : D
Elemen.                            : Menyimak
Pertemuan.                      : ke dua
Materi.                              : Menganslisis                                                    Struktur dan                                                      Aspek                                                                kebahasaan                                                     Teks Deskripsi.                                                                                                                   
Guru Pengampu.            : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran.    :  6 jp/perminggu

CP (Capaian Pembelajaran)
- Peserta didik mampu menganalisis dan      memaknai informasi berupa gagasan,        pikiran, perasaan, pandangan, arahan          atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan    gelar wicara.
- Peserta didik mampu mengekplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dan topik aktual yang didengar


TP (Tujuan Pembelajaran dan indikator
9.1.3 Peserta didik mampu menelaah struktur    dan aspek kebahasaan teks deskripsi.
9.1.4 3Peserta didik mampu menemukan      penggunaan sudut pandang dalam teks      deskripsi.



Bismillahirrohmanirrohim...Assalamualaikumwaruhmutullahiwabarokatuh. Bagaimana kabarnya anak2ku...., apakah sudah pada shalat Shubuh..., apakah tadi malam  belajar/ tidak...apakah manfaatnya belajar. Anakku jangan bosan2nya  dengan belajar, karena merupakan proses untuk menjadi orang yg sukses..baiklah Alhmdulillah...Alhamdulillah
Mudah2an pembelajaran hari ini dan hari kemarin anak- anakku diberi keberkahan, keimanan, ketakwaan, kesehatan, dan juga diberi  kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya untuk mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang kaitannya dengan materi pada pembelajaran  hari ini dan hari yang kemarin.

Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

Materi Pembelajaran.
Menelaah struktur dan kaidah kebahasaan dari teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca​
Teks Deskripsi,adalah menggambarkan kata- kata secara jelas seolah-olah kita dapat merasakan, melihat, kita ikut berada didalamnya/terlibat.

Struktur teks deskripsi terbagi menjadi dua, yaitu deskripsi umum dan bagian. Berikut perbedaannya.

  1. Deskripsi umum: Pernyataan umum benda yang dideskripsikan.
  2. Deskripsi bagian: Bagian-bagian benda yang dideskripsikan.

Struktur dan Kebahasaan  teks deskripsi ada tiga:

  1. Identifikasi: Penetapan identitas, baik orang, benda atau objek lainnya dalam teks.
  2. Klasifikasi: Penyusunan golongan atau pengelompokan kaidah yang telah ditetapkan.
  3. Deskripsi bagian: Paragraf yang berisi manfaat dari objek yang diamati dan ditulis dalam teks.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai beberapa kaidah kebahasaan. Simak macam-macam dan contoh kaidah kebahasaan teks deskripsi berikut ini.

  1. Menggunakan kata sifat untuk mendeskripsikan objek, misalnya: Baik, indah dan kuat.
  2. Menggunakan kata benda terkait objek yang dideskripsikan, misalnya: Kucingku, bajuku.
  3. Menggunakan kata kerja aksi untuk mendeskripsikan perilaku/objek, misalnya: Mengeluarkan bau harum, mencakar mangsanya.
  4. Menggunakan frasa yang mengandung kata benda, misalnya: Beliau merupakan seorang ibu yang lemah lembut.
  5. Menggunakan kata kerja (perasaan atau pendapat) yang menggambarkan sudut pandang pribadi penulis, misalnya: Kucing itu berat.
  6. Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan terkait dengan objek yang dijelaskan, misalnya: di halaman, di hutan, dengan lihat.
  7. Mengandung bahasa kiasan, misalnya: Bulunya lembut seperti kapas.

Contoh Teks Deskripsi.

Tifa merupakan alat musik khas Indonesia bagian Timur, khususnya Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya menyerupai kendang dan terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya.

Instrumen tifa mirip dengan alat musik kendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi.

Pada umumnya penutup yang digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Bentuknya Pun biasanya dibuat dengan ukiran. Setiap suku di Maluku dan Papua memiliki tifa dengan ciri khasnya masing-masing.

Jadi Deskripsi umum, merupakan penjelasan dari awal hingga akhir   (manfaat)

Jadi Deskripsi bagian, merupakan penjelasan secara rinci mengenai suatu objek/tempat. 


Contoh: 9.1.4 Menemukan Penggunaan Sudut Pandang.dalam Teks Deskripsi.

Tema Aku, Dulu, dan Sekarang.

Aku benar- benar tidak ingin disini. Terlihat orang dengan berbagai penampilan mondar- mandir lantas duduk. Lalu berdiri dalam diam. Wajah- wajah gundah dan lelah membuatku tambah lemas. Kapan ini semua berakhir? Tengah malam begini, seharusnya aku bisa duduk santai dirumah, kaca, ataumain game. Sejaksore. aku ingin minta izin pulang. It's impossoble. Mustahil. Mana mungkin aku bisa pulang saat seluruh keluarga berkumpul.

This is it, Cukup sudah. Aku tidak tahan lagi. Aku harus bicara. Akan kutegur mereka. Seenaknya saja menggunjingkan orang yang ada di depannya. Kemarahan tiba-tiba memenuhi dadaku aku berdiri sambil menggetakkan kaki. Derit nyaring kursi besi tua membuat bberapa orang menoleh.

Amarah arah mencengkramku. Aku benar-benar siap meledak. Aku merasa derut jantungku kian kencang. Kepalanku kian kuat. Aku bisa merasakan ujung kuku menekan telapak tanganku. Kemarahan menguasaiku.

Ayahku bangkit dan mengusap matanya berkali-kali. Para om dan tante tersenyum lega dan segera sibuk mengabarkan kebahagian itu. Sepupu-sepupu yang sudah tertidur jadi terbangun sebagian menangis karena terkejut sekaligus gembira. Akek kesayangan kami terlepas dari bahaya. Seruan syukur berdengung memenuhi ruangan.


Penugasan
1. Carikan tema dibawah ini!
2. Carikan sudut pandang teks deskripsi        dibawah ini!


Kesimpulan 

Pembelajaran hari menyimpulkan bahwa teks deskripsi merupakan sesuatu yang menggambarkan seolah-olah kita berada ditempat dimna peristiwa yang kita alami, dirasakan, dilihat dengan nyata.

Jadi teks deskripsi dibagi menjadi dua macam, yaitu;

1. Teks deskripsi umum.

2. Teks Deskripsi bagian







. Memahami Konjungsi dalam Teks Deskripsi.i
Pengertian  konjungsi adalah kata penghubung atau sambung dalam suatu kalimat, baik secara lisan maupun tulisan. Secara umum, konjungsi adalah kata yang bertugas untuk menghubungkan satu kata dengan kata lainnya agar saling berkesinambungan.

Konjungsi berfungsi untuk mengaitkan antar kata dalam suatu kalimat sehingga menjadi suatu kalimat yang dapat dimengerti.

Contoh kalimat konjungsi intra kalimat:

  • Ayah sedang pergi bekerja
    Ibu sedang pergi bekerja
    = Ayah dan ibu sedang pergi bekerja.
  • Adik sedang pergi berbelanja
    Kakak sedang pergi berbelanja
    Ibu sedang pergi berbelanja
    = Adik, kakak, serta ibu sedang pergi berbelanja

Contoh kalimat yg lainnya.

  1. Heri dan Hedi adalah saudara kembar identik
  2. Kamu mau ikut ke pasar atau tunggu di rumah saja?
  3. Itu bukan pesawat terbang, melainkan helikopter.
  4. Adit hanya diam saja, padahal selama ini tahu banyak informasi.
  5. Kakak sedang memasak, sedangkan adik mencuci.
  6. Saya pergi ke pasar membeli ikan serta sayur7
  7. Adikku sebenarnya pandai, tetapi malas belajar.8
  8. Ayah menulis pesan dan Ibu memotong sayur di dapur. 9
  9. Dewi dan Novi sedang mengerjakan tugas sekolah.
  10. Apakah kamu mau membeli buku, penggaris, dan/atau tempat pensil?

Peserta didik mampu menemukan atau kenali  konjungsi dalam lirik lagu yang disimak secara tepat.

Judul Lagu....
Rayuan Pulau Kelapa.

Tanah airku Indonesia
Negeri elok amatku cinta
Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang ku puja sepanjang masa

Tanah Airku aman dan makmur
Pulau kelapa yang amat subur
Pula melati pujaan Bangsa
Sejak dulu kala

Melambai-lambai nyiur di pantai
Berbisik-bisik raja kelana
Memuja pulau nan indah permai
Tanah airku Indonesia. 

Lagu Rayuan pulau kelapa ditulis oleh Ismail Marzuki dan Ezra  Deardo Purbo.

Isinya/ kajian menceritakan tentang keindahan alam (Estetika).

Ismail Marzuki lahir di Kampung Kwitang, Jakarta, 11 Mei 1914. Ia merupakan keturunan asli Betawi. Selain Rayuan Pulau Kelapa, Ismail Marzuki juga menciptakan lagu-lagu dengan judul sebagai berikut.

  • O Sarinah (1931)
  • Gugur Bunga (1945)
  • Halo-halo Bandung (1946)
  • Selendang Sutera (1946)
  • Sepasang Mata Bola (1946)
  • Melati di Tapal Batas (1947).

Kesimpulan 

Pembelajaran hari menyimpulkan bahwa teks deskripsi merupakan sesuatu yang menggambarkan seolah-olah kita berada ditempat dimna peristiwa yang kita alami, dirasakan, dilihat dengan nyata.

Jadi teks deskripsi dibagi menjadi dua macam, yaitu;

1. Teks deskripsi umum.

2. Teks Deskripsi bagian




Konjungsi merupakan sebagai kata penghubung/ sambung untuk menghubungkan kata satu ke kata yang lainnya saling berkesinambungan dan mudah di mengerti

Contoh kata penghubung/ sambung.          

 1 dan, 

2. karena itu.

3. Biasanya.

 4. Namun,

 5. Ketika. 

6. Karenanya. 

7. Sekarang. 

8. Tetapi.

 9. Walau.

 10. Tetapi. 

11. Hingga. dll.



Penugasan
1. Tentukan Tema Deskripsi dibawah ini!
2. Carilah sudut pandang teks deskripsi dibawah ini!

2. Bubuhkan konjungsi yang tepat agar peristiwa dan perasaan tokoh dalam cerita ini tergambar dengan lebih jelas.


.....................................................................

Waktu masih kecil, aku tidak suka suasana ramai. Acara pernikahan atau acara apa pun yang melibatkan banyak orang membuatku ingin malam cepat datang. Aku ingin cepat pulang. Ibuku, ayahku, kakakku semua bergembira.

Di acara tersebut banyak makanan. Berbagai jenis makanan dari buah, kue, hingga makanan berat sudah kucoba. Tidak ada yang membuatku tenang. Aku hanya ingin pulang.

Dalam acara seperti ini banyak kerabat jauh bertemu. Aku harus bersalaman dengan banyak orang. Aku harus tersenyum pada orang-orang yang tak kukenal. Sebagian mencubit pipiku atau mengusap kepalaku. Rambutku berantakan. Lengket. Mungkin di tangan mereka ada bekas kuah gulai. Aku kesal, mengantuk, dan bosan.

Sekarang aku menyadari acara keluarga seperti itu bermanfaat. Aku jadi banyak kenalan baru. Ternyata saudaraku banyak sekali. Teman ayah ibuku banyak sekali. Aku juga ingin punya teman sebanyak mereka.

Aku tetap tidak suka acara keluarga yang lama, Sekarang aku sudah bisa menghibur diri dengan membaca di sudut paling sepi sambil membawa sepiring penuh makanan. Aku juga bisa tidur di kursi. Suasana ramai tak berpengaruh bagiku.


Judul buku pegangan siswa.
1. Kurikulum Merdeka Karangan Yudhistira, Cakap Berhasa Indonesia oleh E.B. Devittia Ekawati Indah Suka Setiarini.

2. Buku Kementrian Pendidikan  Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2021. Bahasa Indonesia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024

Post Test 7