Mata Pelajaran. : Bahasa IndonesiaKelas. : 9A,B,C,D.
Fase. : D
Elemen. : Menyimak
Pertemuan. : ke satu
Materi. : Memahami isi teks deskripsi
Guru Pengampu. : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran. : 6 jp.
CP (Capaian Pembelajaran)
- Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
- Peserta didik mampu mengekplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dan topik aktual yang didengar
TP (Tujuan Pembelajaran dan indikator capaian pembelajaran).
- Peserta didik mampu menemukan ide pokok dan ide pendukung didalam teks deskripsi
- Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan sudut pandang pertama dengan tepat.
Bismillahirrohmanirrohim...Assalamualaikumwaruhmutullahiwabarokatuh Alhmdulillah...Alhamdulillah
Mudah2an pembelajaran hari ini dan hari kemarin anak- anakku diberi keberkahan, keimanan, ketakwaan, kesehatan, dan juga diberi kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya untuk mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang kaitannya dengan materi pada pembelajaran hari ini dan hari yang kemarin.
Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Materi Pembelajaran
Pengertian Teks Deskripsi
Apa itu teks deskripsi? Menurut KBBI, yang dimaksud dengan deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.
Pengertian Teks Deskripsi.
Teks deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran kata2 secara jelas dan terperinci.
Nama/ jenis paragraf deskripsi terbagi menjadi 3 bagian, yaitu
1. Deduktif, kalimat yang terletak diawal paragraf.
2. Induktif , kalimat yang terletak diakhir paragraf.
3. Campuran, kalimat yang terletak diawal dan akhir paragraf.
4. Ineratif, kalimat yang terletak ditengah paragraf.
Memahami Sudut Pandang dalam Teks Deskripsi.
Contoh:
Amarah mencengkeramku. Aku benar-benar siap meledak. Aku merasakan dari jantungku kian kencang.bkepalaku kian kuat. Aky bisa merasakan ujung kuku menekan telapak tanganku. Kemarahanku menguasaiku.
Berikut contoh Teks deskripsi
1. Aku benar- benar tidak ingin disini. Terlihat orang dengan berbagai penampilan mondar- mandir lantas duduk. Lalu berdiri dalam diam. Wajah- wajah gundah fan lelah membuatku tambah lemas. Kapan ini semua berakhir? Tengah malam begini, seharusnya aku bida duduk santai dirumah, kaca, ataumain game. Sejaksore. aku ingin minta izin pulang. It's impossoble. Mustahil. Mana mungkin aku bisa pulang saat seluruh keluarga berkumpul.
This is it, Cukup sudah. Aku tidak tahan lagi. Aku harus bicara. Akan kutegur mereka. Seenaknya saja menggunjingkan orang yang ada di depannya. Kemarahan tiba-tiba memenuhi
dadaku aku berdiri sambil menggetakkan kaki. Derit nyaring kursi besi tua
membuat bberapa orang menoleh.
Amarah arah mencengkramku. Aku benar-benar siap meledak. Aku merasa derut jantungku kian kencang. Kepalanku kian kuat. Aku bisa merasakan ujung kuku menekan telapak
tanganku. Kemarahan menguasaiku.
Ayahku bangit dan
mengusap matanya berkali-kali. Para om dan tante tersenyum lega dan segera
sibuk mengabarkan kebahagian itu. Sepupu-sepupu yang sudah tertidur jadi
terbangun sebagian menangis karena terkejut sekaligus gembira. Akek kesayangan
kami terlepas dari bahaya. Seruan syukur
berdengung memenuhi ruangan.
Dari kesimpulan diatas
merupakan salah satu kalimat ide pokok dan ide pendukung pada teks deskripsi.
Kesimpulan
Pembelajaran hari menyimpulkan bahwa teks deskripsi merupakan sesuatu yang menggambarkan seolah-olah kita berada ditempat dimna peristiwa yang kita alami, dirasakan, dilihat dengan nyata.
Jenis-jenis paragraf deskripsi dibagi menjadi empat bagian:
1. Paragraf deduktif
2. Paragraf Induktif
3. Paragraf campuran
4. Paragraf ineratif.
TUGAS
Perhatikan gambar
dibawan ini.
1. Deskripsikanlah gambar diatas?
2. Carilah ide pokok & ide pendukung pada teks deskripsi (buku pegangan siswa)
?
Judul buku pegangan siswa.
1. Kurikulum Merdeka Karangan Yudhistira, Cakap Berhasa Indonesia oleh E.B. Devittia Ekawati Indah Suka Setiarini.
2. Buku Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2021. Bahasa Indonesia.
SELAMAT MENGERJAKAN J
Komentar
Posting Komentar