Teks Deskripsi 9

Mata Pelajaran.              : Bahasa Indonesia
Kelas.                               : 9A,B,C,D.
Fase.                                : D
Elemen.                            : Menulis
Pertemuan.                      : ke empat
Materi.                              : Kohesi dan                                                       : koherensi                                                       : dalam teks f.                                                     Deskripsi.                                                                      
Guru Pengampu.            : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran.    :  6 jp/perminggu

CP (Capaian Pembelajaran)
- Peserta didik mampu menganalisis dan      memaknai informasi berupa gagasan,        pikiran, perasaan, pandangan, arahan          atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan    gelar wicara.
- Peserta didik mampu mengekplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dan topik aktual yang didengar


TP (Tujuan Pembelajaran dan indikator).
9.1.5. Peserta didik mampu menemukan kohesi dan koherensi dalam teks deskripsi.
9.1.6. Peserta didik mampu menganalisis teks deskripsi dalam sajian visual



Bismillahirrohmanirrohim...Assalamualaikumwaruhmutullahiwabarokatuh. Bagaimana kabarnya anak2ku...., apakah sudah pada shalat Shubuh..., apakah tadi malam  belajar/ tidak...apakah manfaatnya belajar. Anakku jangan bosan2nya  dengan belajar, karena merupakan proses untuk menjadi orang yg sukses..baiklah Alhmdulillah...Alhamdulillah
Mudah2an pembelajaran hari ini dan hari kemarin anak- anakku diberi keberkahan, keimanan, ketakwaan, kesehatan, dan juga diberi  kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya untuk mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang kaitannya dengan materi pada pembelajaran  hari ini dan hari yang kemarin.

Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.


Materi Pembelajaran
Contoh Kohesi.           
Dendeng yang ada di piringku seperti kurang menarik, padahal Dendeng balado buatan Ibu sangat lezat. Biasanya makanku selalu bertambah kalau Ibu membuatan lauk ini.
Ad. Keterangan.

(kata Dendeng adalah pengulangan kata). 
(Kata Lauk ini adalah kata ganti tunjuk). Kata Padahal, adalah (Konjungsi).

Contoh Koherensi
Garis keturunan dan kelompok-kelompok masyarakat uang menjadi inti dari sistem kekerabatan matrilineal di Minangkabau ini adalah Paruik, yang secara harfiah artinya Perut.. Maksudnya, Rahim Ibu- lah yang menghubungkan mereka dalam gali persaudaraan.
Ad. Kata yang di tebalkan artinya 
Pengulangan kata.

Contoh paragraf yang tidak memiliki kohesi:
Saat mempelajari sensis penduduk, aku dan teman-teman di kelas berlatih mengisi formulir sesuai data. Banyak kolom yang harus kami isi termasuk nama ayan dan nama Ibu. Salah satu temanku heran,  Mengapa nama belakangku sama dengan nama belakang ibuku, bukan ayahku. Aku ingat anda teman sekelas di sekolah dasar uang baru pindah dari sekolah lain. Namanya panjang, termasuk namanya keluarga dan gelar kebangsawan. Aku berpikir alangkah repotnya mengisikan nama sepanjang itu di formulir. 

Ad. Anda dua gagasan utama:
1. Tokoh mempelajari sensis penduduk.
2. Tokoh teringat kejadian di sekolah dasar

Jadi pagar ada kohesif paragraf ini dijadikan dua sesuai dengan gagasan utama masing-masing. Kemudian kalimat-kalimat di sesuaikan lagi.

Contoh Paragraf yang tidak memiliki koherensif:
Bagi orang Minangkabau, garis keturunan erat sekali hubungannya dengan adat, khususnya berkaitan dengan perempuan. Menjaga budaya tradisional penting bagi bangsa Indonesia demi persatuan dan kesatuan. Perempuan dewasa atau Ibu memiliki kedudukan yang tinggi dan menjadi lambang kehormatan keluarga.Ibu juga memiliki peran penting dalam mengambil keputusan dalam keluarga.

Ad. Agar anda koherensi, kalimat yang 
 berwna merah dihilangkan.

Kohesi merujuk pada linguistik, seperti kata ganti, konjungsi, dan pengulangan, digunakan untuk menghubungkan kalimat dan paragraf.

Koherensi berkaitan dengan kesatuan makna dan ide dalam teks; ini melibatkan bagaimana ide-ide disusun dan dikembangkan isi  yang jelas dan logis menghubungkan makna secara keseluruhan.

Ciri-ciri Kohesi
1. Mengandung gagasan utama
2. Semua informasi mendukung gagasan          utama.
3. Kalimat-kalimat berhubungan erat                  dengan gagasan utama. 
4. Kalimat merujuk pada kalimat pertama.

Ciri-ciri koherensi
1. Ada kepaduan makna.
2. Makna kalimat berikut berkaitan dengan  makna kalimat berikutnya.
3. Ada pengulangan makna informasi pada      kalimat berikutnya. Kalimat kedua dan          kalimat selanjutnya selalu berkaitan.


Memahami Deskripsi visual dalam infografik.
Deskripsi visual adalah penjelasan tentang tampilan visual, seperti gambar, foto, atau pemandangan, yang di sampaikan dalam bentuk teks atau lisan.

Pemandangan.

Infografik


Penugasan
Berikan penilaian apakah paragraf tersebut mengandung kohesi dan koherensi (tanda bagian yang memiliki kohesif dan koherensi).
Judul Buku:
Nama Penulis:
Nama ilustratif (jika anda):
Penerbit:
Sinopsis:

Tulislah paragraf yang memilki kohesif dan koherensi yang baik di buku uang sedang kamu baca.

Konjungsi yang digunakan adalah:.....

Pendapat mu tentang buku ini:
Alur ceritanya...
Tokoh nya...
Latar waktunya/tempatnya...

Kunjungan ke Perpustakaan buku Fiksi dan nonfiksi.




Kesimpulan.
Pembelajaran hari ini menyimpulkan kohesif dan koherensi adalah merupakan bagian kalimat satu pertama dengan kalimat yang kedua dan seterusnya saling berkaitan satu dengan yang lainnya/hubungan erat.
Kalau Kohesi dan koherensi sama2  pengulangan kata-kata dalam kalimat.
Kalau Kohesi sebagai ide pokok/gagasan utama, dan saling berkaitan satu dengan yg lainnya diikuti kata konjungsi. Kalau Koherensi mengandung makna kalimat dalam ucapan berbeda, tetapi maknanya sama.




Judul buku pegangan siswa.
1. Kurikulum Merdeka Karangan Yudhistira, Cakap Berhasa Indonesia oleh E.B. Devittia Ekawati Indah Suka Setiarini.

2. Buku Kementrian Pendidikan  Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2021. Bahasa Indonesia.

Contoh Paragraf

Tifa merupakan alat musik khas Indonesia bagian Timur, khususnya Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya menyerupai kendang dan terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya.

Instrumen tifa mirip dengan alat musik kendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024

Post Test 7