Post Test 8

Mata Pelajaran.                    : Bahasa                                                             Indonesia
Kelas.                                     : 8A, 8B, 8C,8D
Fase.                                      : D
Elemen.                                 : Menyimak                                                         dan                                                                     memahami                                                       soal yg dibaca
Pertemuan.                           : ke Delapan
Materi.                                   : Postest cerita                                                   fiksi                                                                                                                                                     
Guru Pengampu.                  : Lilik Isminings
Waktu Pembelajaran.          : 5X40.

(Capaian Pembelajaran)
Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audivisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog dan gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.

TP (Tujuan Pembelajaran).
Peserta didik memahami pengertian karya Fiksi dan peserta didik berlatih mengidentifikasi informasi yang ada dalam sebuah karya fiksi.
Pesrta didik dapat menjelaskan informasi yang ada dalam karya fiksi dan menyebutkan informasi yang ditemukan dalam sebuah karya fiksi

Tujuan Pembelajaran).
Peserta didik dapat membandingkan kata bermakna konotasi dan denotasi yang ditentukan dalam karya fiksi.

Bismillahirrohmanirrohim...Alhmdulillah 
Mudah2an pembelajaran hari kemarin dan hari ini anaku diberi keberkahan, kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang materi yang lain.

Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan menuju kearah depannya.

Soal Pilihan Ganda ( 1 s.d. 20 )

1. Buku yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari...

A. Buku tes

B. Buku fiksi

C. Buku nonfiksi

D. Buku cerita

 

2. Salah satu contoh dari buku nonfiksi adalah...

A. Biografi

B. Novel

C. Puisi

D. Fabel

 

3. Perhatikan daftar buku berikut!

  • Cerpen
  • Novel
  • Komik
  • Biografi
  • Pidato
  • Mitos
  • Buku pelajaran

Kelompok buku-buku tersebut yang termasuk kategori nonfiksi adalah…

A. Cerpen, novel, dan komik

B. Novel, biografi dan mitos

C. Biografi, Pidato, dan buku pelajaran

D. Pidato, mitos, buku pelajaran

 

4. Buku nonfiksi dibuat berdasarkan..., realita, atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

A. Opini

B. Pendapat

C. Pandangan orang

D. Fakta

 

5. Pernyataan berikut merupakan manfaat      membaca buku nonfiksi, kecuali...

A. Melatih kemampuan berpikir

B. Menambah pemahaman tentang                  sesuatu

C. Menambah wawasan

D. Mendapatkan hiburan.


6. Perhatikan unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi berikut!

  • Daftar pustaka
  • Indeks buku
  • Judul
  • Subbab
  • Sistematika penulisan
  • Tokoh dan tema cerita
  • Kover

 

Persamaan unsur antara buku fiksi dan nonfiksi adalah…

A. Sistematika penulisan, kover, bab dan         subbab

B. Indeks, kover, sistematika penulisan

C. Judul, kover, daftar pustaka

D. Judul, kover, dan subbab.


Benarkah Bumi Berbentuk Bulat?

Ternyata, meski bumi berbentuk bulat seperti bola, rata di kutub-kutubnya. Jadi, bentuknya tidak bulat sempurna. Fakta menunjukkan bumi memiliki jari-jari kutub = 6.356 km yang lebih pendek dari jari-jari khatulistiwa = 6.378 km, demikian pula garis lingkar kutub bumi (40.008 km) lebih pendek dari garis lingkar khatulistiwa (40.075 km). Nah, kalau bulat seperti bola jari-jari dan garis lingkarnya harusnya sama kan?

Dahulu, masyarakat di berbagai penjuru dunia memiliki pandangan dan perkiraan sendiri tentang bumi. Misalnya orang Yunani kuno (zaman sebelum masehi) berkeyakinan bahwa dewa-dewa alam berdiam di bumi, yaitu di gunung Olympus yang terletak 241 km dari Athena, dan mereka beranggapan bahwa bumi berbentuk pipih. Sementara pada masa yang dikenal sebagai zaman kegelapan (dark age) sekitar 9 abad pertama masehi, bangsa Eropa saat itu berkeyakinan bahwa bumi berbentuk datar.

7. Kutipan buku tersebut termasuk jenis          buku…

A. Cerita

B. Pengetahuan

C. Biografi/riwayat hidup ditulis oleh                orang lain

D. Autobiografi/riwayat hidup.

 

8. Garis besar informasi yang tersurat            pada paragraf ke-2 adalah…

A. Bumi berbentuk bulat seperti bola.

B. Pandangan dan perkiraan tentang bumi.

C. Cara membuktikan bahwa bumi bulat.

D. Bumi rata di bagian kutubnya.

 

9. Informasi yang sesuai berdasarkan              teks tersebut adalah…

A. Bumi memiliki jari-jari kutub yang sama      dengan jari-jari khatulistiwa.

B. Bumi memiliki jari-jari kutub yang lebih      panjang dari jari-jari khatulistiwa.

C. Bumi memiliki jari-jari kutub yang tidak      sama dengan jari-jari khatulistiwa.

D. Bumi memiliki jari-jari kutub yang lebih        pendek dari jari-jari khatulistiwa.

 

10. Hasil dari mengambil inti semua gagasan pokok atau intisari karangan atau buku menjadi bentuk yang ringkas atau pendek, tanpa mengubah ide pokok teks aslinya adalah...

A. Ringkasan

B. Ikhtisar

C. Rangkuman

D. Resensi

4 dari 6 halaman

11. Berikut unsur yang dapat dikomentari        dari buku nonfiksi adalah...

A. Tema cerita

B. Penokohan

C. Isi buku

D. Alur cerita

 

12. Buku berjudul 'Mimpi Sejuta Dolar'              karya Merry Riana termasuk jenis                buku...

A. Biografi

B. Motivasi

C. Buku pelajaran

D. Autobiografi


Karang terdiri dari dua jenis yaitu karang lunak dan karang keras. Karang lunak adalah jenis karang yang yang jaringannya menutupi kerangka dalam yang lunak. Koloni karang lunak sering kali hidup di karang keras. Walau tidak mengeluarkan kerangka kalsium karbonat, karang dewasa atau polip dari karang lunak memiliki bagian dalam yang keras. Bagian ini merupakan struktur penyangga yang kukuh dan lentur.

Karang keras adalah jenis karang yang menghasilkan kerangka luar yang keras dan berat. Kerangka keras ini terbuat dari kalsium karbonat.

13. Gagasan pokok paragraf pertama                adalah…

A. Karang lunak adalah jenis karang yang        yang jaringannya menutupi kerangka.

B. Karang dewasa atau polip dari karang        lunak memiliki bagian dalam yang                keras.

C. Karang dewasa merupakan struktur            penyangga yang kukuh dan lentur.

D. Karang terdiri dari dua jenis yaitu                karang lunak dan karang keras.


14. Informasi yang sesuai dengan kutipan        buku tersebut adalah…

A. Karang lunak adalah jenis karang yang         yang jaringannya menutupi kerangka.

B. Karang dewasa atau polip dari karang        lunak memiliki bagian dalam yang lunak.

C. Karang lunak merupakan struktur                penyangga yang kukuh dan lentur.

D. Kerangka keras ini terbuat dari kalsium      hidroksida.


15. Gagasan pokok paragraf kedua                    adalah…

A. Karang keras menghasilkan kerangka         luar yang keras dan berat

B. Karang dewasa atau polip dari karang        lunak memiliki bagian dalam yang                keras.

C. Karang dewasa merupakan struktur            penyangga yang kukuh dan lentur.

D. Karang terdiri dari dua jenis yaitu                karang lunak dan karang keras.


Seperti ayahnya, anak laki-lakinya itu terampil memanjat tiang bambu. Tanpa sengaja, si anak laki-laki menyingkap atap rumah. Di balik atap rumah itu, ia melihat bulu-bulu burung yang amat indah di dalam tiang bambu. Dia tertegun sejenak.

"Bulu-bulu burung? Mengapa ada di sini? Namun, selama ini aku tidak pernah melihat ada burung yang tinggal di tempat ini. Apalagi tempatnya tertutup dan tersembunyi. Jadi, tidak mungkin ada burung yang bersarang di tempat ini," demikian pikir si anak laki-laki itu.

Lantas ia mengambil bulu-bulu burung. Ingin ditunjukkannya penemuan aneh itu kepada ibunya. Ia pun turun dari atap.

16. Hal yang dikemukakan pada paragraf          pertama cerita di atas adalah…

A. selama ini aku tidak pernah melihat            ada burung yang tinggal di tempat ini.

B. Anak laki-lakinya itu terampil memanjat      tiang bambu.

C. Jadi, tidak mungkin ada burung yang           bersarang di tempat ini.

D. Ingin ditunjukkannya penemuan aneh           itu kepada ibunya.


17. Rangkuman yang sesuai dengan                  kutipan cerita di atas adalah…

A. Tanpa sengaja, si anak laki-laki                     menyingkap atap rumah. Di balik atap         rumah itu, ia melihat bulu-bulu burung.

B. Jadi, tidak mungkin ada burung yang           bersarang di tempat ini,” demikian pikir       si anak laki-laki itu.

C. Anak laki-lakinya memanjat atap                   rumah. Tanpa sengaja menemukan             bulu-bulu burung dan menunjukkan             pada ibunya.

D. Lantas ia mengambil bulu-bulu burung.      Ingin ditunjukkannya penemuan aneh          itu kepada ibunya.


Tanah air kita masyhur akan keindahannya. Keindahan alam berupa hamparan air dan ribuan pulau. Pepohonan yang indah, kembang-kembang yang cantik berbagai warna, akar dan rotan yang membelit pepohonan, kupu-kupu dan serangga yang mengitari tumbuhan memberikan ilham kepada rakyat Indonesia untuk menciptakan keindahan yang serupa.

Para seniman melukiskan keindahan alam Indonesia dalam bentuk ukiran dan lukisan. Ukiran ini mereka buat di atas benda keras maupun lunak. Di atas benda keras mereka memahatnya, di atas benda lunak misalnya kain, mereka membatik.

18. Kutipan di atas dikategorikan jenis teks…

A. Fiksi

B. Rekaan

C. Khayalan

D. Nonfiksi

 

19. Kutipan teks di atas                                        menginformasikan tentang…

A. Keindahan pariwisata Indonesia.

B. Keindahan alam Indonesia dan                    seniman Indonesia.

C. Media lukis yang digunakan seniman          Indonesia.

D. Keanekaragaman hayati di Indonesia.


20. Tanggapan yang dapat disampaikan             berdasarkan informasi tersebut                   adalah…

A. Teks di atas hanya dapat dibaca oleh           para seniman saja.

B. Teks di atas hanya menjelaskan                   keindahan alam yang dapat dijadikan           karya seni saja.

C. Teks di atas dapat dijadikan cerita fiksi       karena berisi khayalan tentang                     keindahan.

D. Teks di atas dapat menginspirasi kita           untuk melestarikan keindahan alam.

1. B



 

 

 

 

 

























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024

Post Test 7