Mengenal Pesan Iklan Komersial 8
Mata Pelajaran. : Bahasa Indonesia



Kelas. : 8
Fase. : D
Elemen. : Menyimak
Pertemuan. : ke empat
Materi. : Mengenal Pesan Iklan
Guru Pengampu. : Lilik Isminings
Waktu Pembelajaran. : 1X40 menit
CP Capaian Pembelajaran)
Pada akhir fase D peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sesial, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah dan menginterpretasi informasi paparan tentang topik yang beragam dan karya sastra. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi.
CP Elemen Capaian Pembelajaran Elemen.
Menyimak.
- Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan/pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi). Peserta didik mampu mengeksplarasi dan mengevaluasi berbagai informasi.
ATP( Alur Tujuan Pembelajar.dalam setiap fase.
- Peserta didik dapat menyebutkan pengertian iklan, menjelaskan perbedaan iklan komersial dan nonkomersial, serta menyebutkan infomasi yang ada dalam sebuah iklan.
TP (Tujuan Pembelajaran).
Peserta didik dapat menginterprestasikan pesan yang ada dalam sebuah iklan komersial.
Bismillahirrohmanirrohim...Alhmdulillah
Mudah2an pembelajaran hari kemarin dan hari ini anaku diberi keberkahan, kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang materi yang lain.
Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Materi Pelajaran.
Iklan adalah pemberitahuan kepada masyarakat mengenai produk barang atau jasa yang dijual. Iklan dibagi dua macam yaitu: 1. Iklan Komersial
2. Iklan Nonkomersial.
1. Iklan Komersial adalah iklan yang berupa produk barang atau jasa.
Contoh: Pepsoden. Sabun Mandi, Kispay.
- Iklannya bersifat persuasif.
- Ditujukan untuk target audiens.
- Bisa memuat informasi untuk memperkenalkan (promosi) suatu produk/jasa yang diiklankan.
- Harus memberikan daya tarik bagi orang yang melihatnya
2. Iklan Nonkomersial adalah iklan yang tidak berhubungan dengan niaga atau perdagangan. Contoh iklan layanan masyarakat, sosial dan budaya.
Evaluasi penilaian
1. Gambar dibawah ini termasuk iklan?
2. Gambar dibawah ini termasuk iklan?
Gambar dibawah ini termasuk iklan?
Kesimpulan :
Kesimpulan pembelajaran hari ini, kita mempelajari tentang Iklan, slogan, poster. iklan komersial merupakan iklan yang berhasil menarik perhatian kepada masyarakat atau konsumen.
Referensi materi : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2021.
Penerbit dan Percetakan
MEDIATAMA.
Penulis: Yayuk Lestari
Aqillah Elza Dinasti.
Komentar
Posting Komentar