Teks Laporan Observasi 8

Nama.                   : Lilik Isminingsih
Nama Sekolah.    : SMP Al- Azhar 3
Tahun Pelajaran. : 2024- 2025
Jenjang Sekolah. : SMP
Alokasi Waktu.     : 3x40
Pertemuan ke.      : 3 (tiga)
Fase.                      : D
Elemen.                 : Membaca dan                                                 memirsa
Kelas.                    : 8A- D

CP (Capaian Pembelajaran): Peserta didik mamahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi, dan ekspoaisi dari teka visual dan audivisial untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Pesertavdidik menginterprestasikan informasi untuk mengukapkan simpati, kepedulian, empati/ pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audivisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Paserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dib
aca dan didengar.

TP (Alur Tujuan Pembelajaran)
Peserta didik dapat mengidentifikasi data- data yang ada di dalam teks
"Sepeda Motor di Indonesia".
Peserta didik menentukan kalimat fakta di dalam teks "Sepeda Motor di Indonesia".

Apesepsi
Bismillahirrohmanirrohim...Alhmdulillah 
Mudah2an pembelajaran hari kemarin dan hari ini anaku diberi keberkahan, kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang b materi yang lain.

Materi Pembelajaran.
Pada bagian ini kalian menemukan dua kata utama, yaitu data dan fakta. Dalam kehidupan sehari- hari makna kedua kata ini kadang saling tertukar. Meskipun tampak mirip.data dan fakta memiliki perbedaan. 

Data
Menurut KKBI, data merupakan kumpulan informasi yang benar dan nyata.
Data dibedakan menjadi dua, yaitu data berbentuk angka dan tidak berbentuk angka.
1. Data berbentuk angka.
    Contohnya:
    Bus yang dimiliki perusahaan Trans
    Kota berjumlah 45 buah.
2. Data tidak berbentuk angka.
    Contohnya:
    Pemilik perusahaan Trans Kota                    bernama Irwan Jaya.

Fakta
Menurut KKBI, fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan yang benar- benar terjadi.

Kalian dapat lebih memahami perbedaan antara data dan fakta melalui contoh2.
Contoh kalimat mengandung data.
a. Bus yang dimiliki Tran Kota berjumlah        45 buah.
b. Dengan uang 15 juta rupiah, orang              dapat memiliki sepeda motor baru.

Contoh kalimat mengandung fakta.
a. Warga negara indonesia yang berusia          17 tahun ke atas dan sudah memiliki          surat Izin Mengemudi (SIM) boleh                mengendarai sepeda motor. 
b. Sepeda motor adalah alat trasformasi        roda dua yang digerakkan oleh mesin.

Pertanyaan 
Asesmen/ Penilaian
Teks laporan hasil observasi merupakan sebuah teks berisikan informasi yang harus berdasarkan…

a. Fakta penelitian
b. Opini pribadi.  
c. Opini publik
d. Pendapat seorang tokoh


Bacaan dengan Tema....
        "Sepeda Motor di Indonesia". 
Saat ini sebagian besar jalan-jalan di Indonesia ramai oleh  sepeda motor. Banyak orang menggunakan sepeda  motor sebagai alat transportasi, baik alat transportasi pribadi maupun transportasi umum. Sepeda motor adalah alat transportasi roda dua yang digerakkan oleh mesin. Ada bermacam-macam tipe sepeda motor. Ada sepeda motor jenis sport yang berkecepatan tinggi, bersuara bising, dan biasa digunakan oleh pembalap. Ada sepeda motor skuter matik yang dapat hidup otomatis tanpa menggunakan operan gigi manual. Ada sepeda motor bebek manual tanpa kopling. Ada sepeda motor trail yang biasa digunakan di medan berat/off road. Terakhir, ada sepeda motor cruiser yang dikenal dengan motor gede (moge) yang berkecepatan tinggi. Sepeda motor banyak digunakan di Indonesia karena harganya cukup terjangkau. Dengan uang 15 juta rupiah, orang sudah bisa memiliki sepeda motor baru. Selain itu, sepeda motor juga dapat dibeli dengan cara cicilan melalui lembaga pembiayaan dan bank-bank. Kemudahan itu membuat jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia semakin meningkat.

Sepada motor bermanfaat sebagai alat transportasi pribadi. Ia digunakan untuk pergi bekerja karena termasuk salah satu alat transportasi yang hemat. Dengan bahan bakar seharga Rp7.800,00 per liter, pengendara  sepeda motor bisa menempuh jarak sejauh 47 kilometer. Selain itu, sepeda motor juga bermanfaat untuk memudahkan pengendara dalam mengakses rute-rute sulit, gang-gang sempit, dan jalan-jalan yang macet untuk mencapai tujuan.

Sepada motor hanya boleh dikendarai oleh warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika ada pengendara  sepeda motor berusia di bawah 17 tahun, mereka akan dikenakan sanksi tilang. Setiap pengendara sepeda  motor diwajibkan memakai helm, membawa SIM dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta harus mematuhi semua rambu-rambu lalu lintas. 

 Selain sebagai alat transportasi pribadi, sepeda motor juga digunakan sebagai alat transportasi publik, yaitu sebagai ojek, baik ojek konvensional maupun ojek online (ojol). Ojek konvensional biasanya disebut “ojek” dan merupakan alat transportasi yang menggunakan sepeda motor tanpa aplikasi, sedangkan ojol merupakan alat transportasi yang menggunakan sepeda motor dan aplikasi khusus dalam menerima pesanan. Saat ini sebagian besar ojek sudah beralih ke ojol. Mereka bergabung dengan mitra perusahaan pengelola aplikasi ojol. Keberadaan ojol cukup diminati karena tidak hanya melayani jasa transportasi antar jemput penumpang, tetapi juga melayani pesanan makanan, antar jemput barang, berbelanja, dan lain- lain. Demikianlah  laporan mengenai  sepeda motor dan manfaatnya sebagai salah satu alat transportasi publik yang keberadaannya tidak bisa diabaikan di Indonesia. Cermati teks laporan hasil pengamatan ”Sepeda Motor di Indonesia” dan temukan data yang ada di dalamnya.

Tugas Individu
Menemukan gagasan utama atau ide pokok setiap paragraf pada teks laporan hasil observasi"Sepeda Motor di Indonesi" 
dengan tema dia atas..
1. Tentukan kalimat objektif dan sobjektif       masing- masing dua kalimat sesuai             dengan paragraf diatas.
2. Menemukan gagasan utama atau ide          pokok setiap paragraf pada teks                  laporan  hasil observasi "sepeda motor        Indonesia".

Kesimpulan.
Alhamdulillah kegiatan hari ini pembelajaran bahasa Indonesia anakku khususnya kls 8 dapat menemukan dan menyebutkan kalimat objektif, sobjekti, gagasan atau ide pokok. Anakku mari kita belajar dan terus belajar untuk menggapai cita2 yang kita harapkan aamiin....semoga sukses dikelsk kemudian hari...






Berlatih individu
Cermatilah teks laporan hasilpengamatan "Sepeda Motor di Indonesia" dan temukan data yang ada di dalamnya.

Data
1........
2.......
3........

Terletak di Paragraf berapa.
1......
2.....
3. ..

Fakta
1...
2...
3...

Terletak di Paragraf berapa
1...
2...
3...


Kesimpulan.
......................






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024

Post Test 7