Post Test/ soal ulangan harian 8




Mata Pelajaran.                 : Bahasa                                                              Indonesia
Kelas.                                  : 8A, 8B, 8C,8D
Fase.                                   : D
Elemen.                                Menyimak,                                                        dan Berbicara
Pertemuan.                        : tiga
Materi.                                : Mengenal                                                          Struktur Teks                                                    Laporan Hasil                                                  Observasi
Guru Pengampu.               : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran.       : 5X40.


CP (Capaian Pembelajaran): Peserta didik mamahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi, dan ekspoaisi dari teka visual dan audivisial untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Pesertavdidik menginterprestasikan informasi untuk mengukapkan simpati, kepedulian, empati/ pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audivisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Paserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan didengar.


TP (Alur Tujuan Pembelajaran)
Peserta didik dapat mengidentifikasi data- data yang ada di dalam teks.

CP (capaian Pembelajaran) Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan, atau pesan, untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logo, kritis, dan kreatif.
Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang memiliki makna.

TP (Tujuan Pembelajaran)
Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks laporan hasil observasi yang diperoleh berdasarkan diskusi kelompok.


Bismillahirrohmanirrohim...Alhmdulillah 
Mudah2an pembelajaran hari kemarin dan hari ini anaku diberi keberkahan, kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang materi yang lain.

Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.


Soal Pilihan Ganda

1. Informasi yang tidak sesuai dengan
 teks laporan hasil observasi berikut ini adalah...

Bus kota adalah alat transportasi umum atau transportasi publik yang digunakan antara satu tempat ke tempat lain dalam suatu area perkotaan. Keberadaan bus kota membantu transportasi masyarakat perkotaan. Masyarakat perkotaan yang menggunakan jasa layanan transportasi bus kota ini disebut dengan penumpang bus kota. Mereka menggunakan bus kota untuk menuju tempat-tempat tertentu, seperti tempat kerja, sekolah, kantor, dan tempat tujuan lainnya. Bus kota beroperasi setiap hari di dalam kota dengan jadwal operasional sekitar pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB.

a. Bus kota digunakan untuk menghubungkan satu tempat ke tempat lain dalam area perkotaan

b. Penumpang bus kota adalah sebutan bagi pengguna jasa layanan transportasi bus

C.pengguna bus kota menggunakan bus untuk menuju tempat-tempat tertentu

d. Bus kota beroperasi dari pukul 05.00 - 20.00 WIT.


2. Gagasan utama dari teks berikut ini adalah...

Sepeda adalah kendaraan yang umum dipakai anak SMP Perwira. Setiap hari puluhan pelahar mengayuh sepeda ke sekolah dan menaruhnya di tempat parkir khusus sepeda yang dibangun sekolah dua tahun lalu. Datang ke sekolah dengan sepeda seperti menjadi sebuah kebanggan. Anak-anak yang dahulu diantar orang tua mereka denngan mobil atau sepeda motor, kini memilih ke sekolah dengan bersepeda.

a. Puluhan pelajar mengayuh sepeda ke sekolah

b. Kendaraan yang umum digunakan oleh SMP Perwira adalah sepeda

c. Datang ke sekolah dengan sepeda adalah kebanggaan.

d. Anak-anak lebih memilih ke sekolah dengan sepeda.


3. Tema/Topik dari teks di atas adalah...

a. Pelajar

b. Sekolah

c. Kendaraan

d. Sepeda.


4. Tidak jauh dari ibu itu, duduk seorang laki-laki penyandang disabilitas atau difabel dengan kruk.

Kata yang dicetak miring memiliki makna...

a. Kursi roda

b. bantu dengan

c. Alat bantu berjalan.

d. Gantungan pegangan tangan khusus          difabel


5. Di bawah ini yang merupakan kalimat objektif adalah...

a. Bus yang dimiliki TransKota berjumlah 45 buah

b. Menurutnya pendidikan adalah hak yang harus dimiliki setiap orang

C. Mungkin mudah terjadi bencana jika tidak ada yang peduli terhadap lingkungan

d. Bus kota akan berangkat pukul 07.00 WIB sesuai jadwal..


6. Di bawah ini yang merupakan fakta adalah...

a. Bus yang dimiliki TransKota berjumlah 45 buah

b. Dengan uang 15 juta rupiah, orang dapat memiliki sepeda motor baru

c. Sepeda motor adalah alat transportasi roda dua yang digerakkan oleh mesin.

d. Seorang ibu memangku anak balita duduk di dalam bus


7. Di bawah ini yang merupakan penggunaan tanda koma yang tepat, kecuali...

a. Telepon seluler, komputer, atau internet bukan barang mewah lagi

b. Buku, majalah dan jurnal termasuk sumber kepustakaan.

c. Saya ingin membeli kamera, tetapi uang saya belum cukup

d. Kalau diundang, saya akan datang


8. Di bawah ini yang merupakan penggunaan tanda titik koma yang tepat adalah...

a. Hari sudah malam; anak-anak masih membaca buku.

b. Mereka memerlukan perabot rumah tangga; kursi, meja, dan lemari

c. Saya akan membeli alat tulis kantor; kertas, tinta, spidol, dan pensil

d. Jumlah peserta didik laki-laki dan perempuan di kelas itu adalah 1;3


9. di bawah ini yang merupakan penulisan bahasa asing yang tepat adalah...

a. Dia sedang menikmati cincau tersebut.

b. Matahari sudah berada di ufuk.

c. Yang tidak bisa dilihat mata berarti adalah gaib.

d. Andi sangat suka seafood


10. Struktur teks laporan hasil observasi yang tepat adalah...

a. Definisi umum, deskripsi bagian, simpulan.

b. Deskripsi bagian, definisi umum, simpulan

c. Definisi bagian, deskripsi umum, simpulan

d. Deskripsi umum, definisi bagian, simpulan


. Perhatikan teks berikut!

Benca alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Bencana alam dapat terjadi dinana pun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam. Itulah sebabnya Indonesia banyak mengalami bencana alam terutama gempa bumi, gunung meletus, banjir, dan tanah longsor.

11. Dari teks tersebut yang termasuk dalam definisi umum laporan adalah....
a. Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia..
b. Bencana alam dapat terjadi di manapun dan kapan pun, tak terkecuali di Indonesia.
c. Indonesia merupakan negara kepulauan yang rawan bencana alam
d. Itulah sebabnya Indonesia banyak mengalami bencana


12. Berikut ini merupakan kalimat boros adalah...

a.. Manfaat tanaman kemangi sangat banyak.

b. Pemandangan di pegunungan itu sangat indah.

c. Udara bersih di pegunungan itu sangat segar.

d. Banyak terumbu karang rusak akibat penggunaan bom ikan.


13. Berisi ringkasan umum hal yang telah dilakukan atau dilaporkan pada teks laporan hasil observasi disebut...

a. Komentar umum

b. Saran

c. Salam penutup

d. Simpulan.


Perhatikan kalimat berikut ini!

Manfaat daripada sebuah apel untuk kesehatan tubuh sangatlah berguna.

14. Kalimat itu perlu perbaikan agar menjadi kalimat efektif sebaiknya diubah menjadi...

a. Manfaat sebuah apel untuk kesehatan tubuh sangatlah berguna.

b. Manfaat apel untuk kesehatan tubuh sangatlah berguna..

c. Manfaat daripada apel untuk kesehatan tubuh sangatlah berguna.

d. Manfaat daripada sebuah apel untuk kesehatan tubuh berguna.


15. Paragraf atau struktur yang berisi manfaat-manfaat dari objek yang diamati dari teks laporan hasil observasi disebut...

a. Definisi khusus

b. Definisi umum

c. Deskripsi

d. Deskripsi manfaat/ isi.


16. Berisi ringkasan umum hal yang telah dilakukan atau dilaporkan pada teks laporan hasil observasi disebut...

a. Komentar umum

b. Saran

c. Salam penutup

d. Simpulan.

 

17. Tanda baca yang digunakan sebagai kata penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal kalimat seperti kata jadi dan dengan demikian adalah...

a. Tanda titik (.)

b. Tanda titik koma (;)

c.. Tanda koma (,)

d. Tanda hubung (-)


18. Bagian yang berisi penjelasan dari pembuka atau pengantar dari topik yang akan dibahas dalam teks laporan hasil observasi adalah ...

A. bagian isi.
B. simpulan
C. deskripsi bagian
D. deskripsi manfaat

19. Di bawah ini struktur dari teks laporan hasil observasi adalah...

A. Abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan simpulan
B. Tesis, argumentasi, penegasan ulang
C. Penyataan umum dan aspek yang dilaporkan.
D. Pernyataan umum dan aspek yang dijelaskan


20. Pernyataan umum dan aspek yang dilaporkan merupakan struktur dari teks...

A. teks prosedur kompleks
B. teks eksposisi
C. teks anekdot
D. teks laporan hasil observasi.


Kesimpulan :
Kesimpulan pembelajaran hari ini, siswa diberi kesempatan untuk mempelajari kembali teks hasil observasi dalam beberapa menit, kemudian untuk bertanya apabila mereka sudah paham dan melanjutkan untuk kegiatan POST TEST Kegiatan menyimak dan berbicara.
Harapan menjadi yang terbaik buat siswa.


            

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Teks Laporan Observasi 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024