Mengidentifikasi Paragraf Deskripsi dan Ekspisisi dan Laporan Hasil Observasi 8


Mata Pelajaran.                 : Bahasa                                                              Indonesia
Kelas.                                  : 8A, 8B, 8C,8D
Fase.                                   : D
Elemen.                                Menulis                                                              dan Berbicara
Pertemuan.                        : Empat
Materi.                                : Menulis Teks                                                    Laporan Hasil                                                  Observasi                                                          Peristiwa yang                                                  Diamati.                                                   
Guru Pengampu.               : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran.       : 5X40.


CP (Capaian Pembelajaran): Peserta didik mamahami informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks misalnya deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi, dan ekspoaisi dari teka visual dan audivisial untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Pesertavdidik menginterprestasikan informasi untuk mengukapkan simpati, kepedulian, empati/ pendapat pro dan kontra dari teks visual dan audivisual. Peserta didik menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan informasi pada teks. Paserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan didengar.

TP (Tujuan Pembelajaran)
Peserta didik dapat menulis teks laporan hasil observasi dengan media yang ada di lingkungan sekitar.


Bismillahirrohmanirrohim...Alhmdulillah 
Mudah2an pembelajaran hari kemarin dan hari ini anaku diberi keberkahan, kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang materi yang lain.

Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

Materi Pembelajaran
Menulis Teks Laporan Hasil Observasi.
Contoh.


Membuat buku Pintar Bersama Kelompok
Sekarang kalian akan bekerja dalam kelompok. Diskusikanlah sebuah buku pintar yang menjelaskan paragraf Deskripsi dan eksposisi beserta contoh-contohnya.
Bagaimana cara membuatnya? Ikuti langkah-langkah sebagai berikut.
1. Setiap anggota kelompok membuat kartu-kartu berisi contoh paragraf deskripsi dan eksposisi.
2. Diskusikan bentuk buku pintar yang akan kalian buat!
3. Letakkan kartu- kartu contoh paragraf kalian pada buku pintar tersebut!
Kalian dapat menjadikan buku pintar menjadikan gambar sebagai inspirasi.

Mengerjakan Penulisan 
          kreativitas
1. Saya bisa menjadi penulis
2. Menulis diary
3. Menulis komedi
4. Menulis tentang cita- cita
5. Menulis puisi
6. Menulis cerita petualangan.

Penggunaan Tanda Baca

1. Tanda titik (.)

Titik adalah tanda baca yang digunakan pada akhir kalimat pernyataan, bisa diikuti dengan kalimat baru setelahnya atau berakhir begitu saja.

Tanda titik juga dipakai di belakang huruf dalam suatu tabel, daftar pustaka, perincian, bagan, atau angka yang menunjukkan waktu serta jumlah.

Contoh penggunaan tanda titik.

  • Ibu kota Indonesia saat ini adalah DKI Jakarta.
  • Harga tiket kereta kelas eksekutif dari Jakarta ke Bandung adalah Rp95.000.
  • Bab 1.4 Laporan hasil penelitian


2. Tanda koma (,)

Tanda koma seringkali disematkan pada bagian tengah dalam perincian kata, frasa, bilangan, atau sebelum kata penghubung.

Koma dapat digunakan pada kata sapaan seperti Bu, Nak, atau Dik, dan memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat.

Contoh penggunaan tanda koma.

  • Pesan ayah saya, "Kita harus selalu baik kepada orang lain."
  • Berkas yang dilampirkan yaitu KTP, akta kelahiran, dan ijazah pendidikan terakhir.
  • Wah, bagus sekali pelanginya.

3. Tanda titik koma (;)

Titik koma biasanya dipakai untuk memisahkan kalimat sejenis dan setara di dalam kalimat majemuk.

Selain itu, titik koma juga seringkali dipakai dalam memisahkan sumber-sumber kutipan, atau perincian frasa verbal.

Contoh penggunaan tanda titik koma.

  • Hari sudah malam; anak-anak masih membaca buku.
  • Syarat mendaftar ujian sertifikasi adalah

A. Warga Negara Indonesia;

B. Berijazah sarjana S-1; dan...

  • Kasus perencanaan bahasa di Indonesia dianggap sebagai salah satu yang paling berhasil (Fishman, 1974; Moeliono, 1985; Samuel, 2008; Wardhaugh dan Fuller, 2015).

Tanda titik dua (:)

Titik dua berfungsi sebagai tanda untuk mengakhiri suatu penyataan lengkap dan diikuti perincian atau penjelasan.

Tanda titik dua bisa digunakan untuk menulis rasio perbandingan dalam bentuk angka, memisahkan angka jam, menit, dan detik, serta kalimat percakapan.

Contoh penggunaan tanda titik koma.

  • Mereka memerlukan peralatan menulis: pensil, buku, penghapus, dan lainnya.
  • Narasumber: Mario Maurer
  • Skala peta ini 1:100.000

Assesmen Penilaian
Berlatih
A. Menempatkan Tanda Baca dalam kalimat


B.  Tentukanlah tanda baca yang tepat untuk ditambahkan pada kalimat- kalimat tersebut!

Refleksi Peserta Didik
a. Materi apa yang sudah kalian pahami?
b. Materi apa yang menarik bagi kalian?
c. Materi apa yang blm kalian pahami?
d. Masih adakah kesulitan dalam                      memahami materi?


Kesimpulan :
Kesimpulan pembelajaran hari ini, kita mempelajari tentang menulis  dan tanda baca pada teks laporan hasil observasi yaitu; tanda baca titik, tanda baca koma, tanda baca titik dua, tanda baca titik koma dan kesimpulan.

Referensi materi :
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia 2021.

Penerbit dan Percetakan 
MEDIATAMA.
Penulis: Yayuk Lestari
               Aqillah Elza Dinasti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024

Post Test 7