Teks Laporan Observasi 8
dengan Tema....
"Sepeda Motor di Indonesia".
Saat ini sebagian besar jalan-jalan di Indonesia ramai oleh sepeda motor. Banyak orang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi, baik alat transportasi pribadi maupun transportasi umum. Sepeda motor adalah alat transportasi roda dua yang digerakkan oleh mesin. Ada bermacam-macam tipe sepeda motor. Ada sepeda motor jenis sport yang berkecepatan tinggi, bersuara bising, dan biasa digunakan oleh pembalap. Ada sepeda motor skuter matik yang dapat hidup otomatis tanpa menggunakan operan gigi manual. Ada sepeda motor bebek manual tanpa kopling. Ada sepeda motor trail yang biasa digunakan di medan berat/off road. Terakhir, ada sepeda motor cruiser yang dikenal dengan motor gede (moge) yang berkecepatan tinggi. Sepeda motor banyak digunakan di Indonesia karena harganya cukup terjangkau. Dengan uang 15 juta rupiah, orang sudah bisa memiliki sepeda motor baru. Selain itu, sepeda motor juga dapat dibeli dengan cara cicilan melalui lembaga pembiayaan dan bank-bank. Kemudahan itu membuat jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia semakin meningkat.
Sepada motor bermanfaat sebagai alat transportasi pribadi. Ia digunakan untuk pergi bekerja karena termasuk salah satu alat transportasi yang hemat. Dengan bahan bakar seharga Rp7.800,00 per liter, pengendara sepeda motor bisa menempuh jarak sejauh 47 kilometer. Selain itu, sepeda motor juga bermanfaat untuk memudahkan pengendara dalam mengakses rute-rute sulit, gang-gang sempit, dan jalan-jalan yang macet untuk mencapai tujuan.
Sepada motor hanya boleh dikendarai oleh warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika ada pengendara sepeda motor berusia di bawah 17 tahun, mereka akan dikenakan sanksi tilang. Setiap pengendara sepeda motor diwajibkan memakai helm, membawa SIM dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta harus mematuhi semua rambu-rambu lalu lintas.
Selain sebagai alat transportasi pribadi, sepeda motor juga digunakan sebagai alat transportasi publik, yaitu sebagai ojek, baik ojek konvensional maupun ojek online (ojol). Ojek konvensional biasanya disebut “ojek” dan merupakan alat transportasi yang menggunakan sepeda motor tanpa aplikasi, sedangkan ojol merupakan alat transportasi yang menggunakan sepeda motor dan aplikasi khusus dalam menerima pesanan. Saat ini sebagian besar ojek sudah beralih ke ojol. Mereka bergabung dengan mitra perusahaan pengelola aplikasi ojol. Keberadaan ojol cukup diminati karena tidak hanya melayani jasa transportasi antar jemput penumpang, tetapi juga melayani pesanan makanan, antar jemput barang, berbelanja, dan lain- lain. Demikianlah laporan mengenai sepeda motor dan manfaatnya sebagai salah satu alat transportasi publik yang keberadaannya tidak bisa diabaikan di Indonesia. Cermati teks laporan hasil pengamatan ”Sepeda Motor di Indonesia” dan temukan data yang ada di dalamnya.
Nama Sekolah. : SMP Al- Azhar 3
Tahun Pelajaran. : 2024- 2025
Jenjang Sekolah. : SMP
Alokasi Waktu. : 3x40
Pertemuan ke. : 1 (satu)
Fase. : D
Elemen. : Menyimak
Kelas. : 8A- D
CP (Capaian Pembelajaran): Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, perasaan, pandangan, arahan/ pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audivisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.
ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)
Peserta didik memahami observasi sebagai kata kunci untuk mencari informasi sebuah teks laporan hasil observasi.
Apesepsi
Bismillahirrohmanirrohim...Alhmdulillah
Mudah2an pembelajaran hari kemarin dan hari ini anaku diberi keberkahan, kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang b materi yang lain.
Materi Pembelajaran.
Teks laporan percobaan atau eksperimen merupakan teks berisi paparan data secara terperinci hasil praktik, pengamatan, dan penelitian. Teks laporan observasi ditulis berdasarkan percobaan data setelah pengamat selesai melakukan observasi atau penelitian. Kegiatan observasi atau penelitian ini digunakan untuk memperoleh pengetahuan dalam bidang ilmu alam, psikologi, atau sosial.
Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Jenis jenis teks laporan dibagi dua macam, yaitu : 1. Jenis laporan hasil observasi. 2. Jenis laporan hasil percobaan.
Ciri-ciri teks laporan hasil observasi antara lain:
- Mengandung fakta;
- Bersifat objektif, artinya tidak ada keberpihakan penulis terhadap hal yang dilaporkan dan tidak ada yang ditutup-tutupi untuk kepentingan tertentu;
- Ditulis lengkap, detail, dan menyeluruh;
- Bersifat kekinian atau terbaru;
- Menambah pengetahuan dan wawasan pembaca.
- Menggunakan frasa nomina yang diikuti pendeskripsi; gadis manis, bulan ketiga, hari Minggu, dll.
- Menggunakan verba relasional (ialah, merupakan, adalah, yaitu, dan lain sebagainya);
- Menggunakan verba aktif alam untuk menjelaskan perilaku;
- Menggunakan kata penghubung atau konjungsi;
- Menggunakan paragraf dengan kalimat utama untuk menyusun informasi utama lalu diikuti rincian aspek yang hendak dilaporkan;
- Menggunakan kata-kata keilmuwan atau teknis.
Asesmen penilaian
1. Teks laporan hasil observasi "Penumpang Bus Kota" berisi gambaran suatu objek, tempat atau peristiwa jawaban ya atau tidak, alasannya apa.....
2. Teks laporan hasil observasi " Penumpang Bus Kota" melatih siswa untuk peduli terhadap Manusia. Ya atau tidak alasan....
3 informasi dalam teks. Teks laporan hasil observasi" Penumpang Bus kota bersifat todak nyata...ya atau tidak alasan...
4. Banyak terdapat kalimat fakta dalam teks laporan hasil observasi "Penumpang Bus kota ya atau tidak alasan....
5. Pengganbaran objek dalam teks laporan hasil observasi" Penumpang Bus Kota tidak terlalu jelas. Iya atau tidak alasan...
Penilaian diakhir Pembelajaran
Pertanyaan Pemantik
1. Seperti apa situasi dalam bus kota dalam bacaan penumpang bus kota?
2. Dapatkah kalian menyimpulkan siapa sajakah penumpang bus kota itu berdasarkan ciri fisik mereka?
Bacaan
Penumpang Bus Kota
Bus kota adalah alat transportasi umum atau transportasi publik yang digunakan antara satu tempat ke tempat lain dalam suatu area perkotaan. Keberadaan bus kota membantu transportasi masyarakat perkotaan. Masyarakat perkotaan yang menggunakan jasa layanan transportasi bus kota ini disebut dengan penumpang bus kota. Mereka menggunakan bus kota untuk menuju tempat-tempat tertentu, seperti tempat kerja, sekolah, kantor, dan tempat tujuan lainnya.
Bus kota beroperasi setiap hari di dalam kota dengan jadwal operasional sekitar pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Pada pukul 07.00 WIB, bus kota nomor 17 melaju di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Aktivitas penumpang di dalam bus kota cukup beragam. Sebagian penumpang sedang melihat-lihat layar ponsel mereka. Seorang laki-laki berumur sekitar 50 tahun dan mengenakan kemeja biru sedang berbicara melalui ponsel. Beberapa orang penumpang lain berdiri sambil berpegangan pada handle grip
Kebanyakan penumpang bus kota merupakan anak sekolah dan pegawai kantor. Itu terlihat dari seragam mereka. Seorang peserta didik berseragam SMP berdiri tepat di belakang sopir. Posisinya menghadap ke arah penumpang bus kota yang lainnya. Seorang ibu hamil duduk satu meter darinya. Tepat di depan peserta didik itu, seorang ibu lain duduk sembari memangku anak balitanya. Tidak jauh dari ibu itu, duduk seorang laki-laki penyandang disabilitas atau difabel dengan kruk yang disandarkan pada kursi.
Ibu hamil, ibu dengan anak balita, dan seorang laki-laki penyandang disabilitas adalah penumpang prioritas. Penumpang prioritas merupakan penumpang yang didahulukan untuk mendapatkan tempat duduk dalam transportasi umum, seperti bus kota, pesawat terbang, dan kereta api.
Jelajah Kata
Dalam teks tersebut, kalian menemukan kata-kata yang berhubungan dengan keadaan yang diamati penulis. Kalian dapat membaca kata-kata tersebut beserta pengertiannya pada kotak Jelajah Kata berikut
- Penumpang prioritas = penumpang yang didahulukan untuk mendapat tempat duduk, seperti orang lanjut usia, difabel, orang sakit, perempuan hamil, dan perempuan yang membawa anak balita
- Difabel = sebutan lain bagi penyandang disabilita
- Penyandang disabilitas = sebutan lain bagi penyandang disabilitas
- Handle grip = gantungan pegangan tangan di bus kota
- Balita = singkatan dari bawah lima tahun atau usia anak rentang 2 sampai 5 tahun
- Kruk = tongkat atau alat bantu berjalan untuk orang dengan keterbatasan fisabilitas.
Berlatih
Kalian sudah membaca teks “Penumpang Bus Kota”. Dalam tabel berikut terdapat beberapa kalimat informasi. Cermatilah ada/tidaknya informasi tersebut di dalam teks, kemudian centanglah kolom yang sesuai!
Paragraf | Ada | Tidak Ada |
---|---|---|
Bus kota mengangkut beragam penumpang, yaitu anak sekolah, pegawai kantor, dan masyarakat umum lainnya | - | |
Seorang peserta didik berseragam SMP berdiri tepat di belakang sopir. | - | |
Ada seorang ibu yang memangku anak balita. | - | |
Seorang laki-laki penyandang disabilitas mendapat tempat duduk | - | |
Para penumpang tidak bicara satu sama lain. | - | |
Penumpang prioritas tidak didahulukan untuk mendapat tempat duduk di dalam transportasi umum | - |
Demikian Menemukan Informasi dalam Teks observasi.
Melanjutkan Materi observasi kunjungan ke Perpustakaan dan Leb IPA.
Mendata alat- alat perlengkapan yang ada di Perpustakaan dan Leb IPA.
Kesimpulan
Alhamdulillah kegiatan hari ini pembelajaran observasi melalui teks observasi pengamatan gambar dan kunjungan ke Perpustakaan dan Leb IPA
peserta didik sudah dapat untuk memahami isi teks observasi.
Dan kegiatan selanjutnya siswa mengamati sesuatu benda secara langsung menentukan bukti fisik, bahwa
Benda 2 tersebut, yaitu Jeruk BW..
Assalamualaikum Kayla Andini Z 8c
BalasHapusHadir bu
Assalamualaikum Aurea Annora Ch 8c hadir
BalasHapusAssalamualaikum Rogaiyah 8c hadir ibu
BalasHapusAssalamualaikum seiza sarwa MUAZAH 8c hadir
BalasHapusAssalamualaikum khansaa artika 8c hadir
BalasHapusAssalamualaikum keyla shakira 8c hadir
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusAssalamu'alaikum Ragil angger saputra 8C Hadir
BalasHapusAssalamualaikum bu, saya M.azka.alvaro.H 8c
BalasHapusAssalamualaikum bu, gibran syahdan makbul 8B hadir
BalasHapusAssalamu'alaikum bu, fattan zulqarrnayn 8c hadir
BalasHapusAssalamu'alaikum bu,M.Darrel.Alfahrizi 8B hadirr bu
BalasHapusAssalamualaikum Bu, Azka Aidiel Fitrian 8B hadir
BalasHapusAssalamu'alaikum Dewa khim 8b hadir bu
BalasHapusAssalamu'alaikum Imam Rizqi Maulana 8c hadir bu
BalasHapus