Teks Laporan Hasil Observasi 8
Nama. : Lilik Isminingsih
Nama Sekolah. : SMP Al- Azhar 3
Tahun Pelajaran. : 2024- 2025
Jenjang Sekolah. : SMP
Alokasi Waktu. : 3x40
Pertemuan ke. : 2 (satu)
Fase. : D
Elemen. : Menyimak
Kelas. : 8A- D
CP (Capaian Pembelajaran): Peserta didik mamp u menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, perasaan, pandangan, arahan/ pesan yang tepat dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audivisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar.
TP (Alur Tujuan Pembelajaran)
Peserta didik bisa menentukan kalimat objektif dan kalimat subjektif dalam sebuah teks.
Peserta didik bisa menyebutkan informasi yang ditemukan dalam sebuah teks laporan dan dapat mengidentifikasikan topik dan gagasan utama dalam sebuah teks.
Apesepsi
Bismillahirrohmanirrohim...Alhmdulillah
Mudah2an pembelajaran hari kemarin dan hari ini anaku diberi keberkahan, kemudahan, kelancaran dalam proses pembelajaran Aamiin.,..
Baiklah anakku hanya mengingatkan kembali materi yg kemarin, jikalau yang kurang jelas silahkan untuk bertanya, jikalau tidak ada yang bertanya akan diberi sebuah pertanyaan yang b materi yang lain.
Selain itu, laporan ini juga bertujuan untuk memberi informasi terbaru, mengatasi sebuah persoalan, untuk mengambil keputusan yang efektif, melakukan pengawasan atau perbaikan, dan untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.
Materi Pembelajaran
Teks laporan hasil observasi memiliki sifat objektif.yaitu memaparkan suatu keadaan tanpa dipengaruhi pendapat penulis
Contoh:
1. Seorang laki2 berumur 50 tahun dan mengenakan kemeja biru sedang berbicara melalui Hendphone. Tepatnya didepan peserta didik yang berseragam SMP. Seorang ibu lain untuk duduk sembari memengku anak balitanya.
Kita mengenal kalimat yang bersifat objektif dan subjektif.
Ciri2 kalimat objektif adalah: kalimat yang tidak dipengaruhi pendapat pribadi penulisnya. Sedangkan kalimat subjektif dapat dipengaruhi pendapat pribadi penulis dan menggunakan bahasa yang memancing emosi.
Kalimat objektif memiliki ciri2 sbg berikut.
1. Berisi fakta yang dapat dibutikan kebenarannya.
2. Tidak dipengaruhi pendapat/ pandangan pribadi.
3. Menyampaikan informasi yang sebenarnya sesuai dengan fakta.
4. Todak menggunakan kata2 yang subjektif dan emosi atau kata yang menyebabkan orang emosi, marah, sedih, dan ragu2, seperti kata sangat, sekali, luar biasa, kira2, mungkin dan barangkali.
Kalian sering mendengar kata topik dan gagasan utama.
- Topik adalah merupakan ide atau pokok pembicaraan dalam teks yang menggambarkan keseluruhan isi karangan.
- Gagasan utama adalah merupakan ide utama/ inti pembicaraan yang ada dalam sebuah paragraf.
- Dalam paragraf bacaan dibagi menjadi tiga gagasan, yaitu:
a. Gagasan utama letaknya paragrafnya ada diawal/ pembuka.
b. Gagasan campuran letaknya paragrafnya awal dan akhir.
c. Gagasan induktif letak paragrafnya ada diakhir kalimat.
Bacaan
Penumpang Bus Kota
Bus kota adalah alat transportasi umum atau transportasi publik yang digunakan antara satu tempat ke tempat lain dalam suatu area perkotaan. Keberadaan bus kota membantu transportasi masyarakat perkotaan. Masyarakat perkotaan yang menggunakan jasa layanan transportasi bus kota ini disebut dengan penumpang bus kota. Mereka menggunakan bus kota untuk menuju tempat-tempat tertentu, seperti tempat kerja, sekolah, kantor, dan tempat tujuan lainnya. Bus kota beroperasi setiap hari di dalam kota dengan jadwal operasional sekitar pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Pada pukul 07.00 WIB, bus kota nomor 17 melaju di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman. Aktivitas penumpang di dalam bus kota cukup beragam. Sebagian penumpang sedang melihat-lihat layar ponsel mereka. Seorang laki-laki berumur sekitar 50 tahun dan mengenakan kemeja biru sedang berbicara melalui ponsel. Beberapa orang penumpang lain berdiri sambil berpegangan pada handle grip
Kebanyakan penumpang bus kota merupakan anak sekolah dan pegawai kantor. Itu terlihat dari seragam mereka. Seorang peserta didik berseragam SMP berdiri tepat di belakang sopir. Posisinya menghadap ke arah penumpang bus kota yang lainnya.
Seorang ibu hamil duduk satu meter darinya. Tepat di depan peserta didik itu, seorang ibu lain duduk sembari memangku anak balitanya. Tidak jauh dari ibu itu, duduk seorang laki-laki penyandang disabilitas atau difabel dengan kruk yang disandarkan pada kursi.
Ibu hamil, ibu dengan anak balita, dan seorang laki-laki penyandang disabilitas adalah penumpang prioritas. Penumpang prioritas merupakan penumpang yang didahulukan untuk mendapatkan tempat duduk dalam transportasi umum, seperti bus kota, pesawat terbang, dan kereta api.
Asesmen/ penilaian l
1. Teks laporan hasil observasi "Penumpang Bus Kota" melatih siswa untuk peduli terhadap sesama. Ya...tidak...
2. Informasi dalam teks laporan hasil observasi "Penumpang Bus Kota" bersifat tidak nyata. Ya.... Tidak.....
Diakhir Pembelajaran
Ada Pemahaman Bermakna
Peserta didik mampu memahami dan menulis teks laporan hasil observasi.
Pertanyaan Pemantik
1. Seperti apa situasi dalam bus kota bacaan Penumpang Bus Kota?
2. Dapatkah kalian menyimpulkan siapa saja penumpang bus kota berdasarkan ciri fisik mereka?
Tugas individu atau berlatih
Tanya jawab...
Tentukan gagasan utama atau ide pokok dan objektif dan sobjektif setiap paragraf pada teks laporan hasil observasi "Penumpang Bus Kota" diatas.
Paragraf 1.
Paragraf 2
Paragraf 3.
Berlatih lihat gambar
Latihan siapkan buku tulis
Soal Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Halaman 12 Data dalam Teks Laporan Hasil Observasi.
"Sepeda Motor di Indonesia".
Saat ini sebagian besar jalan-jalan di Indonesia ramai oleh sepeda motor. Banyak orang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi, baik alat transportasi pribadi maupun transportasi umum. Sepeda motor adalah alat transportasi roda dua yang digerakkan oleh mesin. Ada bermacam-macam tipe sepeda motor. Ada sepeda motor jenis sport yang berkecepatan tinggi, bersuara bising, dan biasa digunakan oleh pembalap. Ada sepeda motor skuter matik yang dapat hidup otomatis tanpa menggunakan operan gigi manual. Ada sepeda motor bebek manual tanpa kopling. Ada sepeda motor trail yang biasa digunakan di medan berat/off road. Terakhir, ada sepeda motor cruiser yang dikenal dengan motor gede (moge) yang berkecepatan tinggi. Sepeda motor banyak digunakan di Indonesia karena harganya cukup terjangkau. Dengan uang 15 juta rupiah, orang sudah bisa memiliki sepeda motor baru. Selain itu, sepeda motor juga dapat dibeli dengan cara cicilan melalui lembaga pembiayaan dan bank-bank. Kemudahan itu membuat jumlah pengendara sepeda motor di Indonesia semakin meningkat.
bermanfaat sebagai alat transportasi pribadi. Ia digunakan untuk pergi bekerja karena termasuk salah satu alat transportasi yang hemat. Dengan bahan bakar seharga Rp7.800,00 per liter, pengendara sepeda motor bisa menempuh jarak sejauh 47 kilometer. Selain itu, sepeda motor juga bermanfaat untuk memudahkan pengendara dalam mengakses rute-rute sulit, gang-gang sempit, dan jalan-jalan yang macet untuk mencapai tujuan.
Sepada motor hanya boleh dikendarai oleh warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dan sudah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Jika ada pengendara sepeda motor berusia di bawah 17 tahun, mereka akan dikenakan sanksi tilang. Setiap pengendara sepeda motor diwajibkan memakai helm, membawa SIM dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta harus mematuhi semua rambu-rambu lalu lintas.
Selain sebagai alat transportasi pribadi, sepeda motor juga digunakan sebagai alat transportasi publik, yaitu sebagai ojek, baik ojek konvensional maupun ojek online (ojol). Ojek konvensional biasanya disebut “ojek” dan merupakan alat transportasi yang menggunakan sepeda motor tanpa aplikasi, sedangkan ojol merupakan alat transportasi yang menggunakan sepeda motor dan aplikasi khusus dalam menerima pesanan. Saat ini sebagian besar ojek sudah beralih ke ojol. Mereka bergabung dengan mitra perusahaan pengelola aplikasi ojol. Keberadaan ojol cukup diminati karena tidak hanya melayani jasa transportasi antar jemput penumpang, tetapi juga melayani pesanan makanan, antar jemput barang, berbelanja, dan lain- lain. Demikianlah laporan mengenai sepeda motor dan manfaatnya sebagai salah satu alat transportasi publik yang keberadaannya tidak bisa diabaikan di Indonesia. Cermati teks laporan hasil pengamatan ”Sepeda Motor di Indonesia” dan temukan data yang ada di dalamnya.
Tugas Individu
Menemukan gagasan utama atau ide pokok setiap paragraf pada teks laporan hasil observasi"Sepeda Motor di Indonesi"
dengan tema dia atas..
dengan tema dia atas..
1. Tentukan kalimat objektif dan sobjektif masing- masing dua kalimat sesuai dengan paragraf diatas.
2. Menemukan gagasan utama atau ide pokok setiap paragraf pada teks laporan hasil observasi "sepeda motor Indonesia".
Kesimpulan.
Alhamdulillah kegiatan hari ini pembelajaran bahasa Indonesia anakku khususnya kls 8 dapat menemukan dan menyebutkan kalimat objektif, sobjekti, gagasan atau ide pokok. Anakku mari kita belajar dan terus belajar untuk menggapai cita2 yang kita harapkan aamiin....semoga sukses dikelsk kemudian hari...
Komentar
Posting Komentar