Memahami isi teks Deskripsi 7

Nama.                   : Lilik Isminingsih
Nama Sekolah.    : SMP Al- Azhar 3
Tahun Pelajaran. : 2024- 2025
Jenjang Sekolah. : SMP 
Alokasi Waktu.     : 3x40
Pertemuan ke.      : 1 (satu)
Fase.                      : D
Elemen.                 : Membaca
Kelas.                    : 7

CP.  Peserta didik mampu membaca kata-kata dengan berbagai pola kombinasi huruf dengan fasih dan indah serta memahami informasi dan kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu mengidentifikasi ide pokok dari teks deskripsi, narasi dan eksposisi, serta nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa dan pantun, puisi) dari teks deskripsi.

TP (Alur Tujuan Pembelajaran)
1. Peserta didik dapat menemukan informasi ekspliait pada teks deskripsi dan menyimpulkan melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat.

2. Peserta didik mengidentifikasi gaya penulisan teks deskripsi dimedan sosial dengan menuliskan kalimat Ungkapan yang Menyapa pembaca dengan baik.

3. Peserta didik mengembangkan pemahamannya terhadap2 kata- kata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata pada kamus secara mandiri dan tetap.

4. Peserta didik berlatih mengenali gaya penyajian teks deskripsi yang efektif dan memikat pembaca sasaran melalui latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan menemukan/ mengenali kalimat majas Personifikasi.

5. Peserta didik memaparkan gagasannnya dengan menyajikan deskripsinya terhadap gambar secara lisan menggunakan kalimat rincian yang memikat.

6. Peserta didik menilai efektivitas informasi dengan berlatih menganalisis deskripsi teks dan visual dalam pamflet dengan kritis.

7. Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan objek yang dijelaskan, ragam sapaan menurut mitra tutur, dan tujuan penutur dengan baik.

8. Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan ciri- ciri kalimat yang menjelaskan objek yang berbeda dengan baik.

9. Peserta didik menyajikan teks deskripsi dengan baik melalui latihan menyunting penggunaan hirup kapital, tanda titik, tanda koma, serta kata depan dalam kalimat dengan tepat.

Materi Pelajaran.
Bab 1 Jelajah Nusantara

Dalam bab ini, kita akan mempelajari cara memahami isi teks deskripsi, menganalisis unsur bahasa yang digunakan, serta menyunting dan menyajikan teks deskripsi yang baik dan benar. Berikut daftar isinya:

A. Memahami Isi Teks Deskripsi

  • Membaca Teks
  • Mengambil Simpulan

B. Memahami Unsur Bahasa dalam Teks Deskripsi

  • Ciri-ciri Teks Deskripsi
  • Tujuan Teks Deskripsi
  • Kata Konkret + Kalimat Perincian

C. Menganalisis Informasi Lisan

  • Membandingkan Informasi Lisan
  • Membandingkan Dua Teks Deskripsi

D. Menyunting Teks Deskripsi

  • Pemakaian Huruf Kapital
  • Pemakaian Tanda Koma
  • Pemakaian Kata Depan

E. Menyajikan Teks Deskripsi Sederhana

Ad. A. Contoh untuk menarik kesimpulan.          1. Bacalah keseluruhan teks bacaan.          2. Catat ide pokok dalam teks.                      3. Tidak menggunakan kata yang di                   ulang

Ad. B Memahami unsur bahasa dalam                  teks deskripsi.

ciri - ciri Teks Deskripsi
  • Menggunakan pola pengembangan dalam urutan ruang.
  • Memberikan deskripsi atau uraian tentang benda, hal, maupun peristiwa sebagai sebuah objek.
  • Umumnya gagasan atau ide tulisan didasarkan pada hasil observasi/pengamatan.
  • Perlu didukung data berupa fakta agar deskripsi tentang objek lebih jelas.
Pertemuan ke dua
TP(tujuan pembelajaran)
Peserta didik menganalisa dengan menyajikan deskripsi terhadap gambar secara lisan mengunakan kalimat rincian.
Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan cici kalimat objek yang berbeda.
- Memahami Unsur Bahasa dalam Teks        Deskripsi. (lisan dan tertulis).
Teks deskripsi, adalah teks yang
melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya, sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan apa yang dilukiskan sesuai dengan citra penulisan.

Berikut ini ciri2 dan tujuan teks deskripsi
1. Menggambarkan atau melukiskan suatu benda, tempat, atau suasana tertentu.
2. Melibatkan panca indra ( pendengaran, penghianat, penciuman, pengecapan, dan perabaan) untuk menggambarkan objek.
3. Bertujuan agar pembaca seolah- olah dapat melihat atau merasakan sendiri objek yang deskripsikan.
4. Menjelaskan ciri2 objek seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek secara terperinci.

Struktur Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi

Struktur teks deskripsi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu identifikasi atau gambaran umum, deskripsi bagian, dan simpulan atau kesan. Berikut ini penjelasan lebih rincinya.

1. Identifikasi atau Gambaran Umum

Identifikasi merupakan bagian yang berisi pernyataan umum tentang suatu objek. Bagian ini biasanya menjelaskan nama objek yang dideskripsikan, lokasi, sejarah, lahirnya, makna nama, serta gambaran umum lainnya.

2. Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian, berisi tentang bagian-bagian objek yang diuraikan secara rinci berdasarkan tanggapan subjektif penulis.

Perincian dalam teks deskripsi dapat diisi oleh hal-hal yang dapat dirasakan oleh panca indera penulis, di antaranya:

  • Apa yang dilihat (bagian-bagian, komposisi warna, kesan dari penulis tentang objek tersebut, dan lain sebagainya)
  • Apa yang didengar (suara apa yang didengar penulis)
  • Apa yang dirasakan (dengan mengamati

3. Simpulan atau Kesan/ Penutup

Simpulan atau Kesan merupakan bagian penutup teks yang berisi kesan penulis terhadap suatu objek. Bagian ini sifatnya opsional atau pilihan sehingga boleh ada boleh tidak.


Asesmen penilaian.
Tertulis, individu.
1. Apa saja unsur teks deskripsi yang              baik? Jawabannya ada diatas.
2. Bagaimana menyajikan teks deskripsi        yang baik?
    Kunci deskripsi secara lisan.
               deskripsi secara tertulis.

Setelah kegiatan KBM
Penilaian Pematik.
Setelah membaca pengalaman Rafa. 
Jawablah pertanyaan dibawah ini?
1. Apa objek yang dideskripsikan dalam tulisan Rafa dibawah ini...?
2. Di kota mana objek tersebut berada?
3. Tuliskan kembali dua kutipan kalimat Rafa yang menunjukkan kesannya terhadap objek tersebut:
a. ..........
b. ..........


Bacaan dengan Tema

                PANTAN TERONG.
Pada tulisan kali ini Pak Zacky akan membahas mengenai 3 hal tersebut, yuk disimak dan belajar bersama. Sebelum itu, mari kita simak ilustrasi dan cerita berikut ini
Rafa menghabiskan akhir pekan bersama keluarganya. Kali ini mereka berwisata ke sebuah puncak yang sedang populer di Aceh, yaitu Pantan Terong. Rafa tak menyesal mengusulkan destinasi wisata ini kepada keluarganya. Ia sering membacanya di internet. Kali ini ia dapat menyaksikan keindahan tempat ini dengan matanya sendiri. Setiba di rumah, ia pun segera menuliskan pengalamannya ini di blognya. 
Pantan Terong adalah nama tempat wisata yang sedang populer di  Kota Takengon. Akhirnya, aku menginjakkan kaki juga di sini. Kalau kalian berkunjung ke Aceh, sempatkan mampir juga ke bukit yang instagramable ini, ya. Aku jamin, kalian tidak akan merasa rugi! 

Kami berangkat dari Banda Aceh pukul 01.00 siang. Pukul 08.00 malam kami tiba di rumah Paman di Kota Takengon. Setelah makan malam, Paman menyuruh kami bergegas tidur. Kami akan pergi segera setelah salat subuh. Siapa tahu kami bisa menyaksika

Kota Takengon masih gelap dan sepi saat kami berangkat pagi itu. Hanya dalam waktu 15 menit, kami sudah tiba di jalan mendaki ke arah puncak bukit. Wow, jalanan kecil itu menanjak dan curam dengan 
tikungan-tikungan yang tajam! Deg-degan sekali rasanya. Untung Paman lihai mengendarai mobil. Kata Paman, hanya mobil berkondisi prima yang bisa memanjat jalanan securam ini. Untung saja ketegangan itu segera berakhir. Sesampai di atas, Paman memarkir mobil di luar pagar dan kami pun masuk ke dalam. 

Dari ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut, kami dapat melihat warna langit yang jingga terkena semburat sinar matahari di balik deretan gunung-gunung yang kokoh. Warna itu kontras sekali dengan perbukitan yang hijau, perkebunan, lembah-lembah yang sangat cantik, dan Kota Takengon yang terlihat kecil dari sini. Oh ya, kalian juga dapat melihat Danau Laut Tawar yang seperti berkilau diterpa sinar matahari pagi. Pokoknya rasa kantuk karena bangun pada pagi buta tadi sudah terbayar dengan pemandangan cantik ini. Kata Paman, kalian juga dapat menikmati pelangi yang muncul setelah hujan. Wah, aku jadi penasaran! Lain kali aku harus ke sini lagi. 

Nah, matahari sudah makin tinggi, waktunya untuk swafoto. Wah, banyak sekali latar yang dapat dipilih untuk swafoto! Ada ayunan di depan tulisan Pantan Terong yang dicat senada dengan warna bendera pusaka, merah dan putih. Apabila kalian berswafoto di sana, kalian akan mendapatkan latar lembah yang mengepung Kota Takengon di kejauhan. Keren, kan?

Bagus, ya? Pasti kalian tidak tahu aku sedang menggigil kedinginan. Setelah berswafoto, apa lagi? Di sini kalian pun dapat mencicipi aneka jenis sajian kopi asli Tanah Gayo. Kalian dapat memilih berbagai 
varian minuman kopi, seperti espresso, cappuccino, mochacino, hingga latte. Makin siang makin banyak pengunjung berdatangan. Matahari makin tinggi dan hawa sejuk memeluk kami. Angin yang bertiup memainkan rambut dan berputar di sekeliling tubuh membuat kami ingin berswafoto lagi dan lagi. 

Sebelum pulang, ibuku membeli suvenir yang berbentuk kopi gayo. Katanya, kita harus membantu perajin lokal. Nah, tunggu apa lagi? Dengan mengunjungi Pantan Terong, kalian pun ikut mempromosikan wisata dan kerajinan lokal. Segera berwisata ke Aceh dan menikmati kecantikan Pantan Terong, ya!

Mengenali Gaya Penulisan pada teks Deskripsi di media sosial.
Dalam penulisan di media sosial, kalian dapat menyapa pembaca dengan lebih akrab. Ada beberapa contoh kalimat menyapa pembaca yang ditulis Rafa diblognya.
a. "Bagus ya"? Pasti kalian tidak tahu aku sedang mnggil kedinginan".
B. "Apabila kalian berswafoto disana. Kalian akan mendapatkan latar lembah yang mengapung kota Tokengon di kejauhan. Keren, kan?
Sekarang tulislah beberapa ungkapan lain yang digunakan Rafa untuk menyapa pembaca blognya.


Simpulan
Alhamdulillah setelah mengikuti pembelajaran dengan elemen Membaca siswa masih beberapa yang belum  dapat  membedakan majas/ gaya bahasa satu  dengan gaya bahasa yang lainnya....contoh: Gaya bahasa/ Majas Perbandingan inipun masih dipecah kembali/ cabang- cabangnya.
Gaya bahasa Perbandingan
1. Perumpamaan
2. Pertentangan
3  Pertautan
4. Perulangan.


Pertemuan ke tiga.
TP. (Tujuan Pembelajaran)
Peserta didik menganalisa dengan menyajikan deskripsi terhadap gambar secara lisan mengunakan kalimat rincian.
Peserta didik menganalisis ragam teks deskripsi lisan dengan membandingkan kalimat objek yang berbeda.
- Memahami Unsur Bahasa dalam Teks        Deskripsi. (lisan dan tertulis).
Teks deskripsi, adalah teks yang
melukiskan sesuatu sesuai dengan keadaan sebenarnya, sehingga pembaca dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan apa yang dilukiskan sesuai dengan citra penulisan.


Mendeskripsikan gambar secara lisan.

Deskripsi objek

Deskripsi objek.
 Tulis deskripsikan gambar- gambar diatas. Diskusikan sama temanmu kemudian bergilir untuk membacakan hasil nya.

Komentar

  1. ASSALAMU'ALAIKUM IBU LILI AFIKA RESKI AULIA 8C HADIR

    BalasHapus
  2. ASSALAMUALAIKUM Bu Lili M.azka.alvaro hadir

    BalasHapus
  3. Asalamualaikum Bu lili saya Haykal Habibullah

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Teks Laporan Observasi 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024