Tanggapan/ Diakusi 1X


Identitas

Nama.                          : Lilik Isminingsih     
Judul.                           : Teks Tanggapan.
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas.                           : 9A - D
Guru Pengampu.        : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran  : 6 Februari 2024

Kompetensi Dasar      : 3.8 Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan
Kritis (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan keragaman budaya) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan dibaca.

Tujuan Pembelajaran/ indikator.
- Menganalisis ciri kebahasaan model teks
  diskusi.
- memahami penggunaan piranti kohesi, 
  dan koherensi, konjungsi, modalitas, 
  kosakata, evaluatif, dan emotif untuk me
  yakinkan pembaca/pwndengar dalam
  teks diskusi.
- Menyajikan dan pembahasan hasil telaah
  model.

Menelaah Struktur dan Kebahasaan  Teks 
Tanggapan/ Diskusi Kritis.

Struktur generik teks tanggapan keitis terdiri dari unsur- unsur berikut ini.
1. Orientasi 
     Gambaran umum tentang karya seni 
     budaya yang ditanggapi.
2. Evaluasi
    Penilaian tentang karya seni budaya
    yang ditanggapi.
3. Tafsiran
    Berisi penjelasan lebih detail dan 
    lengkap mengenai karya seni budaya
    yang ditanggapi.
4. Kesimpulan 
    Berisikan kesimpulan mengenai karya 
    seni budaya yang ditanggapi, beserta 
    pesan- pesan dan nilai- nilai karya seni
    budaya ini.

Hasil presentasi karya anak kls 9A
Kelompok 3
Tema " jajanan Sekubal " ) Lampung Utara.
1. Adis Afikqa
2. M. Vahza Lilam Putra
3. Muhammad Bagas
4. Rangga Radiya.

Contoh Paragraf (Kohesi)
Sekubal adalah makanan khas daerah 
Lampung Utara (Kota Bumi).
Yang dijadikan hidangan istimewa untuk
menyambut lebaran. Masyarakat setempat
biasanya menggunakan beras sebagai bahan utama untuk membuatnya, namun
bisa menggunakan beras ketan sebagai 
alternatifnya makanan ini mwmiliki teks
tur yang kenyal dan lengket.

Contoh: Koherensi.
Adik lapar. Ia mencari Warung.


Tugas/ latihan
A. Membuat satu kalimat kohesi/ paragraf       saja dan tentu  kan mana yang disebut
1. ide pokok/ pokok pikiran utama...
2. Pokok pikiran penjelas
3. Kata aktif transitif
4. Kata aktif intransitif
5. Kata ganti/penghubung

B. Buatlah kalimat Koherensi...


Kesimpulan
Selama kegiatan pembelajaran berlangsun
siswa telah memahami materi Menelaah 
Teks Tanggapan/diakusi struktur dan ciri
Kebahasaan dan disertakan contohnya...


     

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Teks Laporan Observasi 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024