Tanggapan/ Diakusi 1X
Identitas
Nama. : Lilik Isminingsih
Judul. : Teks Tanggapan.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas. : 9A - D
Guru Pengampu. : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran : 6 Februari 2024
Kompetensi Dasar : 3.8 Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Tanggapan
Kritis (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan keragaman budaya) berupa kritik, sanggahan, atau pujian yang didengar dan dibaca.
Tujuan Pembelajaran/ indikator.
- Menganalisis ciri kebahasaan model teks
diskusi.
- memahami penggunaan piranti kohesi,
dan koherensi, konjungsi, modalitas,
kosakata, evaluatif, dan emotif untuk me
yakinkan pembaca/pwndengar dalam
teks diskusi.
- Menyajikan dan pembahasan hasil telaah
model.
Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks
Tanggapan/ Diskusi Kritis.
Struktur generik teks tanggapan keitis terdiri dari unsur- unsur berikut ini.
1. Orientasi
Gambaran umum tentang karya seni
budaya yang ditanggapi.
2. Evaluasi
Penilaian tentang karya seni budaya
yang ditanggapi.
3. Tafsiran
Berisi penjelasan lebih detail dan
lengkap mengenai karya seni budaya
yang ditanggapi.
4. Kesimpulan
Berisikan kesimpulan mengenai karya
seni budaya yang ditanggapi, beserta
pesan- pesan dan nilai- nilai karya seni
budaya ini.
Hasil presentasi karya anak kls 9A
Tema " jajanan Sekubal " ) Lampung Utara.
1. Adis Afikqa
2. M. Vahza Lilam Putra
3. Muhammad Bagas
4. Rangga Radiya.
Contoh Paragraf (Kohesi)
Sekubal adalah makanan khas daerah
Lampung Utara (Kota Bumi).
Yang dijadikan hidangan istimewa untuk
menyambut lebaran. Masyarakat setempat
biasanya menggunakan beras sebagai bahan utama untuk membuatnya, namun
bisa menggunakan beras ketan sebagai
alternatifnya makanan ini mwmiliki teks
tur yang kenyal dan lengket.
Contoh: Koherensi.
Adik lapar. Ia mencari Warung.
Tugas/ latihan
A. Membuat satu kalimat kohesi/ paragraf saja dan tentu kan mana yang disebut
1. ide pokok/ pokok pikiran utama...
2. Pokok pikiran penjelas
3. Kata aktif transitif
4. Kata aktif intransitif
5. Kata ganti/penghubung
B. Buatlah kalimat Koherensi...
Kesimpulan
Selama kegiatan pembelajaran berlangsun
siswa telah memahami materi Menelaah
Teks Tanggapan/diakusi struktur dan ciri
Kebahasaan dan disertakan contohnya...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus