Cerpen 9


Identitas.                     
Nama                           : Lilik Isminingsih
Judul                            : Melanjtkan Me-
                                        nelaah cerpen
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia    
Kelas                            : 9A- D
Guru Pengampu         : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran : 16 November 2023
K.D                                : 3.6 Menelaah Struk
                                       Tur dan Ciri- ciri ke
                                       bahasaan dalam 
                                       cerpen.
Indikator/tujuan Pembelajaran:
- Siswa dapat menelaah struktur cerpen.
- Siswa dapat menelaah ciri- ciri kebaha
  saan teks narasi kata/ Kalimat deskriptif,
  dan majas/ gaya bahasa.

Apersepsi guru membimbing anak untuk mengingatkan kembali materi yang telah disampaikan dan untuk membuka kembali buku yang telah dipelajari, kemudian...dan lalu...tanya jawab.
Tentang menelaah struktur teks cerpen. Baiklah materi hari ini...
Menelaah ciri- ciri kebahasaan teks narasi kata/ Kalimat deskriptif, dan majas.

Cerpen mempunyai struktur teks meliputi
Abstrak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi,-
Resolusi, dan Koda.

Keterangan/ Penjelasan.
- Abstrak
 Merupakan bagian awal dan rangkaian2 
 cerita yang dikembangkan dalam rangkai
 an peristiwa.

- Orientasi
Pada bagian ini berkaitan dengan waktu, -
tempat, suasana, dan alur pada cerita.

- Komplikasi.
Pada bagian komplikasi berisikan urutan 
dari kejadian yang dihub. sebab akibat.
Pada bagian ini menunjukkan watak dari
tokoh cerpen dan muncul masalah ke
rumitan antar tokoh.

- Evaluasi.
Evaluasi merupakan struktur konflik yang
terjadi serta mengarah pada puncak/
klimaks. Pada bagian ini sudah mulai muncul penyelesaian masalah cerpen.

- Resolusi.
Pada bagian struktur ini berisikan solusi
dari masalah yang dihadapi dalam cerita.

- Koda
Pada bagian ini berisikan amanat berupa 
nilai/ pelajaran yang disisipkan penulis,
agar pembaca dapat memetik pelajarannya dari amanat.

Kebahasaan
Menggunakan kata keterangan (adverbial).
Kata keterangan, adalah kata2 yang memberikan keterangan pada verba kata kerja, adjective (kata sifat), nomina predikatif (Kalimat).

a. Kata keterangan tempat (lokatif) menjelaskan dalam ruang suatu peristiwa
berlangsung dan didahulukan dengan kata
tug as, yaitu: di, ke, dari, dan pada.

b. Keterangan waktu (temporal).
Menjelaskan waktu suatu perisriwa itu terjadi. Dan diikuti dengan kata tugas, yaitu: kemarin, besok, sekarang, suatu hari
dan lusa.

c. Keterangan situasi.
Menjelaskan suasana apa yang terjadi peristiwa. Contohnya....
"Untungnya dengan selamat sampai tempat tujuan itu kita harapkan amin"...
KEBAHASAAN
Kalimat Deskripsi, adalah kalimat yang melukiskan/ menggambarkan sesuatu.
Biasanya kalimat deskripsi berupa ukuran, warna, rasa, bentuk, dan sifat2 benda.

Ciri kalimat deskripsi
1.Menggambarkan suatu objek dengan melibatkan panca indra, Mata, dan telinga
2.Membuat seolah2 pembaca melihat, mendengarkan, merasakan sendiri.
3.Membicarakan tentang sifat, bentuk, rasa, dan karakteritik, suatu benda.
4.Banyak ditemukan di dalam paragraf deskripsi dan report.

Contoh kalimat deskripsi.
- Cicak bisa memutuskan ekornya untuk
  ngelabuhi musuh- musuhnya.
- Bunglon memiliki lidah yang panjang dan    lengket untuk menjerat mangsanya.
Kerangka cerpen dibagi menjadi:
1. Pembuka
2. Isi
3. Penutup.

KEBAHASAAN
Majas/ gaya bahasa
. majas pebandingan
- majas pertentangan
- majas pertautan.
- majas perulangan.

Kesimpulan.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 
siswa dapat memahami Kalimat deskripsi
dan Kalimat majas/gaya bahasa.

Tugas.  
Siswa dapat menentukan unsur cerpen baik dibaca maupun didengar.

Susunlah potongan- potongan cerita berikut menjadi sebuah cerita yang utuh dan runtut dan memberinya nomor urut.
(Hal. 84 dan 85) buku pegangan siswa.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024

Post Test 7