POSTEST ke 3
Identitas
Nama. : Lilik Isminingsih
Judul. : Cerpen
Mata Pelajaran. : Bahasa Indonesia
Kelas. : 9A- D
Guru Pengampu. : Lilik Isminingsij
Waktu Pembelajaran. : 20 November 2023
K. D. : Mengidentifikasi,
Menelaah struktur
Cerpen
Indicator/ tujuan Pem : Siswa dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan harapan mendapatkan nilai yang terbaik.
Apersepsi.
Soal Pilihan Ganda.
1. Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan cermat!
Dengan tergesa Ersa menaiki bus yang nyaris meninggalkan suasana yang kurang yaman baginya. Dari kejauhan terdengan sayup suara
“… penumpang bus Gemilang Asauntuk segera memasuki kendaraan…”.
Hati Ersa agak tenang karena dia sudah berada di dalamnya.
“Mudah-mudahan sore nanti aku bisa berada di acara itu,”
harapnya dalam hati.
1. Latar waktu dan tempat pada penggalan cerpen tersebut adalah …
a. Sore hari, terminal
b. Siang hari, perjalanan
c. Siang hari, terminal
d. Pagi hari, rumah.
Perhatikan kutipan cerpen berikut!
Setibanya pak Usman di restoran kecil sepulang dari sekolah, larasati segera memulai pembicaraan.
“Sebelum membicarakan soal diah, saya perlu menjelaskan menggapa saya tidak mau membicarakan hal ini di sekolah karena saya ingin saya bicarakan adalah masalah yang harus diselesaikan dengan kacamata kemanusiaan, bukan kedinasan”
“Maksud ibu apa?
‘ Saya khawatir , keinginan bapak untuk menghabisi Diah itu karena kebencian bapak terhadap saya. Selama ini orang kan tahu saya sangat perhatin terhadap diah. Dia anak yang lemah pak, sudah mengalami berbagai cobaan hidup, sering murung karena menerima beban yang terlalu banyak dalam hidupnya.
2. Sifat tokoh larasati berdasarkan kutipan di atas adalah?
a. Saber dan penyayang.
b. Angkuh dan disiplin
c. Tegas dan pemberani
d. Penakut.
3. Karakter tokoh pak Usman dalam kutipan cerpen di atas memiliki sifat…..
a. Pendendam
b. Keras kepala dan mudah marah
c. Tidak bisa membedakan urusan dinas dan pribadi
d. Ingin menang sendiri
4. Bagaimana gambaran karakter tokoh diah dalam cerpen di atas?
a. Kuat menerima cobaan
b. Gampang putus asa
c. Lemah dan penuh penderitaan
d. Trauma dalam menjalani kehidupanya
5. Kedudukan tokoh Pak usman dan Larasati dalam kutipan cerpen di atas adalah……
a. Tokoh antagonis, tokoh penengah
b. Tokoh protagonist, tokoh penengah
c. Tokoh antagonis, tokoh protagonis
d. Tokoh protagonis, tokoh protagonis.
Bacalah penggalan cerpen berikut!
Kelihatan seorang kakek berjalan bersama cucunya seorang gadis belia yang cantik. Mereka duduk di bawah pohon yang rindang. Gadis itu meminta kakeknya menceritakan riwayat hidupnya, siapa sebenarnya kedua orang tuanya dan di mana mereka sekarang.
Sang kakek terdiam sebentar, kemudian mulailah ia bercerita. “Delapan belas tahun yang lalu, seorang pemuda kota berjalan-jalan ke desa ini. Ia terpikat gadis cantik bunga desa ini, dan merekapun menikah. Gadis cantik itu adalah putri kakek satu-satunya.
6. Latar tempat pada cerita di atas adalah…
a. Di bawah pohon rindang.
b. Di perkampungan.
c. Di hutan rimba.
d. Di jalan pedasaan.
Bacalah cerita berikut dengan seksama
Kita lihat, dari pintu masuk sebuah ruangan di hotel berbintang empat itu, dia membelok ke arah kiri, dia memilih kursi paling samping dari deretan kursi paling belakang.
Begitu dia duduk, sejumlah lelaki dekat kursi itu serempak kaasak-kusuk dalam gelap.
7. Latar tempat penggalan cerpen tersebut adalah…
a. Pintu masuk
b. Kursi paling belakang
c. Arah kiri
d. Hotel bintang empat
8. Struktur yang berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen terdapat dalam …
a. Abstrak
b. Orientasi
c. Komplikasi
d. Deskripsi umum
9. Pada teks cerpen, pembaca dapat mengetahu karakter atau watak pelaku cerita dalam …
a. Komplikasi
b. Abstrak
c. Orientasi
d. Evaluasi
10. Resolusi pada teks cerpen adalah tahapan di mana …
a. Pengarang menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca
b. Berbagai kerumitan bermunculan
c. Konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi
d. Konflik mencapai sebuah selesaian atau leraian
11. Dalam teks cerpen, struktur yang bersifat opsional adalah …
a. Abstrak dan evaluasi
b. Abstrak dan orientasi
c. Koda dan resolusi
d. Koda dan abstrak
12. Struktur teks cerpen adalah
a. Orientasi – insiden – interpretasi
b. Orientasi – komplikasi – resolusi – koda
c. Abstrak – orientasi – komplikasi – evaluasi – resolusi – koda
d. Abstrak – orientasi – komplikasi – resolusi – interpretasi.
13. Ringkasan atau inti cerita pada cerpen terletak pada …
a. Abstrak
b. Orientasi
c. Deskripsi umum
d. Evaluasi
14. Sarana pengekspresian watak, baik secara fisik maupun psikis dalam teks cerpen terdapat dalam ….
a. Orientasi
b. Latar
c. Abstrak
d. Komplikasi
15. Nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks cerpen terdapat dalam struktur …
a. Abstrak
b. Evaluasi
c. Resolusi
d. Koda
16. Perpaduan antara unsur-unsur yang membangun cerita sehingga merupakan kerangka utama cerita disebut dengan …
a. Alur
b. Latar
c. Tokoh
d. Sudut pandang
17. Alur yang urutan peristiwa ceritanya tidak kronologis atau tidak berurutan disebut dengan …
a. Alur progresif
b. Alur regresif
c. Alur campuran
d. Alur gabungan
Pada suatu waktu, hiduplah seorang anak yang rajin belajar.
Mogu namanya. Usianya 7 tahun. Sehari-hari ia berladang. Juga mencari kayu bakar di hutan. Hidupnya sebatang kara.
18. Kutipan teks cerpen di atas termasuk bagian...
A. komplikasi
B. orientasi
C. koda
D. Resolusi.
Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan cermat!
Meski termasuk anak yang pandai dan masuk kelas akselerasi, Romero tetap memilik banyak teman dan sahabat. Baginya teman adalah lingkungan yang dapat memberikan banyak inspirasi dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku sekolah.
Di rumah ia juga bersikap baik pada tetangga. Ia ingat ketika orang tuannya berpesan, “Carilah teman dan sahabat sebanyak-banyaknya karena kita tidak bisa hidup sendiri. Suatu saat pasti kita membutuhkan orang lain.”
19.Unsur ekstrinsik penggalan cerpen tersebut adalah ….
a. Budaya
b. Ekonomi
c. Pendidikan
d. Social
Bacalah kutipan cerpen berikut!
Aku bersyukur kepada Tuhan karena dia telah berubah. Aku pun memaafkannya, meskipun sampai saat ini aku belum bertemu dia lagi. Aku berharap suatu hari nanti kami akan menjalin persahabatan lagi.
20. Penggalan cerpen tersebut merupakan bagian ....
a. Krisis
b. Resolusi
c. Orientasi
d. Komplikasi
SELAMAT MENGERJAKAN
Kesimpulan....
Komentar
Posting Komentar