Cerita Pendek ( Cerpen )



Identitas

Nama.                          : Lilik Isminingsih     
Judul.                           : Cerpen
Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia
Kelas.                           : 9A - D
Guru Pengampu.        : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran  : 30 Oktober 2023
Kompetensi Dasar      : 3.6 Menelaah 
                                        Struktur dan aspek 
                                        Kebahasaan cerpen
                                        yang dibaca atau di
                                        dengar.

Indikator/ Tujuan Pembelajaran.
- Menelaah struktur cerpen
- Menelaah ciri- ciri kebahasaan teks nafas
  kata/ kalimat deskriptif, kata ekspresif, -
  majas/ gayabahasa.

Apersepsi guru membimbing anak untuk mengingatkan kembali materi yang telah disampaikan dan untuk membuka kembali buku yang telah dipelajari, kemudian...dan lalu...tanya jawab.
Tentang mengidentifikasi unsur intrinsik 
cerpen. Baiklah materi hari ini...

Menelaah Struktur dan Kebahasaan teks
Cerita Pendek/ Cerpen.

Cerpen mempunyai struktur teks meliputi
Abstrak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi,-
Resolusi, dan Koda.

Keterangan/ Penjelasan.
- Abstrak
 Merupakan bagian awal dan rangkaian2 
 cerita yang dikembangkan dalam rangkai
 an peristiwa.

- Orientasi
Pada bagian ini berkaitan dengan waktu, -
tempat, suasana, dan alur pada cerita.

- Komplikasi.
Pada bagian komplikasi berisikan urutan 
dari kejadian yang dihub. sebab akibat.
Pada bagian ini menunjukkan watak dari
tokoh cerpen dan muncul masalah ke
rumitan antar tokoh.

- Evaluasi.
Evaluasi merupakan struktur konflik yang
terjadi serta mengarah pada puncak/
klimaks. Pada bagian ini sudah mulai muncul penyelesaian masalah cerpen.

- Resolusi.
Pada bagian struktur ini berisikan solusi
dari masalah yang dihadapi dalam cerita.

- Koda
Pada bagian ini berisikan amanat berupa 
nilai/ pelajaran yang disisipkan penulis,
agar pembaca dapat memetik pelajarannya dari amanat.

Kesimpulan.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 
siswa dapat menentukan struktur cerpen, dan dapat membedakan Abstrak, Orientasi
komplikasi, Evaluasi, Resolusi, dan Koda.


Kebahasaan
Menggunakan kata keterangan (adverbial).
Kata keterangan, adalah kata2 yang memberikan keterangan pada verba kata kerja, adjective (kata sifat), nomina predikatif (Kalimat).

a. Kata keterangan tempat (lokatif) menjelaskan dalam ruang suatu peristiwa
berlangsung dan didahulukan dengan kata
tug as, yaitu: di, ke, dari, dan pada.

b. Keterangan waktu (temporal).
Menjelaskan waktu suatu perisriwa itu terjadi. Dan diikuti dengan kata tugas, yaitu: kemarin, besok, sekarang, suatu hari
dan lusa.

c. Keterangan situasi.
Menjelaskan suasana apa yang terjadi peristiwa. Contohnya....
"Untungnya dengan selamat sampai tempat tujuan itu kita harapkan amin"...
KEBAHASAAN
Kalimat Deskripsi, adalah kalimat yang melukiskan/ menggambarkan sesuatu.
Biasanya kalimat deskripsi berupa ukuran, warna, rasa, bentuk, dan sifat2 benda.

Ciri kalimat deskripsi
1.Menggambarkan suatu objek dengan melibatkan panca indra, Mata, dan telinga
2.Membuat seolah2 pembaca melihat, mendengarkan, merasakan sendiri.
3.Membicarakan tentang sifat, bentuk, rasa, dan karakteritik, suatu benda.
4.Banyak ditemukan di dalam paragraf deskripsi dan report.

Contoh kalimat deskripsi.
- Cicak bisa memutuskan ekornya untuk
  ngelabuhi musuh- musuhnya.
- Bunglon memiliki lidah yang panjang dan    lengket untuk menjerat mangsanya.
Kerangka cerpen dibagi menjadi:
1. Pembuka
2. Isi
3. Penutup.

KEBAHASAAN
Majas/ gaya bahasa
. majas pebandingan
- majas pertentangan
- majas pertautan.
- majas perulangan.

Kesimpulan.
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran 
siswa dapat memahami Kalimat deskripsi
dan Kalimat majas/gaya bahasa.

Tugas.  

Tugas
Siswa dapat menentukan struktur cerpen baik Abstrak, dan komplikasi

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Pidato 8

Teks Laporan Observasi 8

Kumpulan Soal 8 Mid Semester 2024