Cerpen ( cerita pendek ) 9
Nama : Lilik Isminingsih. A. Identitas B. Judul. : Cerita Pendek
(Cerpen).
Mata Pelajaran. : Bahasa Indonesia
Kelas : 9A, B, C, D
Materi. : Unsur Pembangun
Cerpen.
Guru Pengampu : Lilik Isminingsih
Waktu Pembelajaran. : 25 Sept 2023
Kopetensi Dasar : 3.5 Mengidenti
fikasi unsur pembangun karya sastra
dalam teks cerita pendek yang dibaca
atau didengar.
Indikator
- Siswa dapat mendata unsur pembangun karya sastra dalam teks cerita pendek yang dibaca atau didengar.
- Siswa dapat menjelaskan unsur- unsur pembangun
karya sastra dengan bukti yang men
dukung dari teks cerita pendek ( cerpen).
Apersepsi guru membimbing anak untuk mengingatkan kembali materi yang telah disampaikan dan untuk membuka kembali buku yang telah dipelajari, kemudian...dan lalu...tanya jawab.
Mengidentifikasi Unsur- Unsur Pembangun
Cerita Pendek.
Ciri ciri cerpen ini itu bisa berbentuk prosa naratif fiktif. Atau cerpen ini berbentuk cerita yang padat dan langsung pada tujuan dibandingkan dengan karya-karya lainnya. Yang biasanya karya fiksi lainnya itu panjang nah itu cerpen pendek.
Ciri-ciri Cerpen:
1. Alurnya lebih sederhana
2. Tokohnya hanya sedikit
3. Latar hanya dilukiskan sesaat dan dalam lingkup terbatas
4. hanya terdiri atas 3-10 halaman
5. Habis dibaca dalam satu kali duduk
6. Hanya ada satu plot atau alur
7. Watak tokoh diterangkan secara singkat
8. Banyaknya tokoh terbatas atau kurang.
Cerpen mempunyai unsur pembangun yang terdiri atas unsur Intrinsik dan unsur ekstrinsik.
Unsur Intrinsik dalam sebuah cerpen terdiri dari:
1. Tema adalah masalah pokok yang menjadi dasar sebuah karangan.
2. Tokoh adalah para pelaku yang terdapat
dalam cerita.
3. Alur adalah jalannya sebuah cerita.
a. Alur maju adalah cerita dari awal s.d.
akhir. (A,B, C, D,)
b. Alur mundur adalah cerita dari akhir
hingga awal (D, V, B, A,).
c.Alur campuran adalah gabungan
antara maju dan mundur.
4. Latar adalah tempat peristiwa.
a. Latar tempat
b. Larat suasana
C. Latar Waktu
5. Sudut Pandang.
6. Amanat/ pesan.
Unsur Ekstrinsik (unsur diluar dari cerit).
a. Nilai Moral
b, Nilai sikap
c. Nilai sosial
d. Nilai keagsamaan
e. Faktor sosial
f. Faktor kebudayaan
G. Faktor sosio.politik
I faktor kegagalan
Majas atau Gaya Bahasa
Dibagi empat macam, yaitu:
a. Majas Perbandingan
b. Majas Pertentangan
c. Majas Pertautan
d. Majas Perulangan
Setiap majas dibagi menjadi beberapa macam...
Ad. Majas Perbandingan
1. Majas Personifikasi
2. Majas Ironi/ sindiran halus
3. Majas Alegori/ cerita nabi dan hewan
4. Majas Metafora/ Smille
Kesimpulan
Setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat membedakan unsur Intrinsik dan mana unsur ekstrinsik.
Komentar
Posting Komentar