TEKS PROSEDUR 7
hari/ tgl. : Salasa, 27- 30 September 2022Kelas. : 7A, 7B, 7C, 7DBahasa Indonesia
Lilik Isminingsih, S.Pd, M.M
Assalamualaikum wr.wb,Semoga kita semua semakin sukses dan lebih semangat lagi menuntut ilmu nya.Anak-anak yang ibu banggakan, bagaimana kabarnya tentunya sehat bukan....nak ibu mengingatkan apakah sudah pada shalat Shubuh...Mudah2an menjadi amal ibadah kita, amin. Selanjutnya apakah sudah siap untuk mengikuti pembelajaran hari ini?, baiklah.... hari ini kita membahas tentang Mengidentifikasi Teks Prosedur
KD. 3.6 Menelaah Struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur yang berupa saran arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasif (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan keragaman budaya) yang didengar dan dibaca dengan tepat.
Tujuan Pembelajaran- Peserta didik mampu menentukan struktur teks prosedur pada teks dibaca dan didengar.- Peserta didik mampu menentukan aspek ke bahasaan teks prosedur pada teks dibaca didengar.- Peserta didik mampu memperbaiki kesala han penggunaan kata, kalimat, ejaan, dan tanda baca pada teks prosedur dibaca didengar.
Menelaah Struktur dan Bahasa pada Teks Prosedur
- Struktur teks merupakan bagian atau cara teks tersebut dibangun, mungkin masih banyak yang belum tahu kalau struktur teks prosedur disusun oleh bagian tujuan, bagian alat dan bahan, dan diikuti oleh bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat penjelasan berikutnya.
- Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul)
- Bagian material (alat dan bahan): berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namun tidak semua teks prosedur terdapat bagian material (umumnya terdapat dalam resep makanan). Merinci bahan dan alat dengan ukuran yang akurat.
- Bagian langkah-langkah: berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutanya. Urutan langkah secara rinci pertahap.
- Dari Penjelasan di atas anak-anak sudah pasti mendapatkan gambaran bahwa dalam teks prosedur memiliki struktur; Tujuan, Bahan dan Alat, Langkah-langkah, dan Penutup. nah, untuk memhami secara jelas setiap struktur maka akan dijebarkan penjelasannya di bawha ini.
- Bagian tujuan menyebutkan apa yang dibuat atau dilakukan. Pada bagian ini penulis mencoba menangkap minat pembaca pada produk atau kegiatan yang akan dibuat panduannya, dengan menggunakan pilihan kata yang mampu menarik perhatian dan hindari ungkapan negatif seperti "susah dilaksanakan" atau "akan memakan awaktu lama".
- Alat dan bahan yang digunakan dalam teks prosedur cara membuat sesuatu diperlukan alat dan bahan. Misalnya resep makanan, membuat hiasan (kerajinan), dll. alat dan bahan dirinci sampai ukuran yang akurat karena untuk menghasilkan produk yang baik.
- Langkah-langkah dalam teks prosedur merupakan inti dari tujuan teks prosedur. Langkah-langkah berisi tahap-tahap kegiatan/ urutan kronologis (termasuk hal yang perlu diperhatikan; jika panduan untuk permainan, berikan aturan untuk permainannya).
- Penutup pada teks prosedur merupakan bagian lain yang menekankan pada keuntungan dan ucapan selamat dari produk yang dibuat (untuk contoh kalimatnya dapat di perhatian pada penjelasan tabel di atas
Tugas Literasi ( ke Perpustakaan ) Mencari buku pengetahuan (cerita).1. Cerita rakyat, dongeng, fabel, fiksi, cerpen, 2. Siswa ditugaskan untuk merangkum isi cerita yang dibaca.
Lilik Isminingsih, S.Pd, M.M
Assalamualaikum wr.wb,
Semoga kita semua semakin sukses dan lebih semangat lagi menuntut ilmu nya.
Anak-anak yang ibu banggakan, bagaimana kabarnya tentunya sehat bukan....nak ibu mengingatkan apakah sudah pada shalat Shubuh...
Mudah2an menjadi amal ibadah kita, amin. Selanjutnya apakah sudah siap untuk mengikuti pembelajaran hari ini?, baiklah....
hari ini kita membahas tentang Mengidentifikasi Teks Prosedur
KD. 3.6 Menelaah Struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur yang berupa saran arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif atas permasalahan aktual dari teks persuasif (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan keragaman budaya) yang didengar dan dibaca dengan tepat.
Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik mampu menentukan struktur teks prosedur pada teks dibaca dan didengar.
- Peserta didik mampu menentukan aspek ke
bahasaan teks prosedur pada teks dibaca
didengar.
- Peserta didik mampu memperbaiki kesala
han penggunaan kata, kalimat, ejaan, dan
tanda baca pada teks prosedur dibaca
didengar.
Menelaah Struktur dan Bahasa pada Teks Prosedur
- Struktur teks merupakan bagian atau cara teks tersebut dibangun, mungkin masih banyak yang belum tahu kalau struktur teks prosedur disusun oleh bagian tujuan, bagian alat dan bahan, dan diikuti oleh bagian langkah-langkah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat penjelasan berikutnya.
- Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul)
- Bagian material (alat dan bahan): berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namun tidak semua teks prosedur terdapat bagian material (umumnya terdapat dalam resep makanan). Merinci bahan dan alat dengan ukuran yang akurat.
- Bagian langkah-langkah: berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutanya. Urutan langkah secara rinci pertahap.
- Dari Penjelasan di atas anak-anak sudah pasti mendapatkan gambaran bahwa dalam teks prosedur memiliki struktur; Tujuan, Bahan dan Alat, Langkah-langkah, dan Penutup. nah, untuk memhami secara jelas setiap struktur maka akan dijebarkan penjelasannya di bawha ini.
- Bagian tujuan menyebutkan apa yang dibuat atau dilakukan. Pada bagian ini penulis mencoba menangkap minat pembaca pada produk atau kegiatan yang akan dibuat panduannya, dengan menggunakan pilihan kata yang mampu menarik perhatian dan hindari ungkapan negatif seperti "susah dilaksanakan" atau "akan memakan awaktu lama".
- Alat dan bahan yang digunakan dalam teks prosedur cara membuat sesuatu diperlukan alat dan bahan. Misalnya resep makanan, membuat hiasan (kerajinan), dll. alat dan bahan dirinci sampai ukuran yang akurat karena untuk menghasilkan produk yang baik.
- Langkah-langkah dalam teks prosedur merupakan inti dari tujuan teks prosedur. Langkah-langkah berisi tahap-tahap kegiatan/ urutan kronologis (termasuk hal yang perlu diperhatikan; jika panduan untuk permainan, berikan aturan untuk permainannya).
- Penutup pada teks prosedur merupakan bagian lain yang menekankan pada keuntungan dan ucapan selamat dari produk yang dibuat (untuk contoh kalimatnya dapat di perhatian pada penjelasan tabel di atas
Tugas Literasi ( ke Perpustakaan )
Mencari buku pengetahuan (cerita).
1. Cerita rakyat, dongeng, fabel, fiksi, cerpen,
2. Siswa ditugaskan untuk merangkum isi
cerita yang dibaca.
Komentar
Posting Komentar